CIRI KHAS DAN MANFAAT BUNGA MATAHARI

Banyak sekal jenis Bunga yang ada di dunia, salah satunya adalah Bunga Matahari.  Siapa sih yang tidak mengetahui bunga yang satu ini. para pembaca di sini pasti sudah kenal dengan bunga ini.  Bunga Matahari merupakan bunga yang memiliki ukuran yang cukup  besar.  Bunga ini memiliki Ciri Khas dan Manfaat yang baik loh. Ingin tahu apa saja Ciri Khas dan Manfaat Bunga Matahari ?

bunga matahari

Bunga Matahari sebenarnya berasal dari Benua Amerika, lebih tepatnya di Negara Bagian  Amerika Serikat yaitu Kansas.  Bunga ini juga merupakan bunga nasional atau bunga yang dijadikan sebgai lambang Negara Ukraina. Namun saat ini bunga Matahari sudah hampir tersebar dan dapat ditemui di berbagai negara di dunia.

Bunga Matahari ini memiliki nama latin Helianthus annus berada dalam keluarga Asteraceae atau kenikir-kenikiran.  Bunga Matahari merupakan jenis tanaman semusim yang dapat bertahan dalam waktu satu tahun.  Bunga Matahari ini memiliki ciri khasnya tersendiri diantaranya :

 

CIRI KHAS BUNGA MATAHARI

 

Ukuran Bunga Matahari

 

Tanaman bunga mataharini dapat tubuh tinggi hingga 1 – 3 meter dengan daun berbentuk lonjong bulat yang lebar. Pada satu batang tanaman hanya terdapat satu bunga dengan ukuran diameter bunga 20 – 30 centimeter.  Bunga matahari sebenrnya adalah bunga majemuk yang terdiri dari ribuan bunga berukuran sangat kecil. Ukurannya bunga yang besar ini membuat Bunga Matahari memiliki daya tarik  yang besar.

Bunga Matahari mampu menarik perhatian dengan mudah, karena ukuran nya tersebut bunga ini menarik perhatian atau fokus mata orang-orang yang melintasinya. Bahkan menarik banyak serangga untuk mendekati bunga nya.  Sehingga proses penyerbukan dapat  terjadi lebih cepat dan membuat bunga matahari lebih cepat mekar.  Hal inilah yang membua bunga matahari dijuluki juga sebagai Bunga Early moorning atau bunga yang cepat mekar di pagi hari.

bunga matahari ceria

Selain itu dibalik ukurannya yang besar, bunga Matahari ini memiliki kesan yang Positiv. coba saja saat anda melihat bunga matahari maka anda akan merasa ceria , karna ukuran nya yang besar dan warnanya yang terang. Bahkan sebagian orang mengatakan jika melihat bunga matahari akan teringat denga Mr.Smille.  inilah salah satu ciri khas dan manfaat bunga matahari yang bisa membuat anda menjadi lebih bahagia jika melihatnya.

 

 

Biji Bunga Matahari

 

Bunga matahari menjadi bunga yang sangat bermanfaat salah satunya adalah karena memililki biji bunga dengan ukuran besar.  Pada setiap satu bunga matahari terdapat 1000 – 2000 biji bunga di bagian tengah nya.  Biji bunga matahari dapat di konsumsi sebagai cemilian dan bisa juga dijadikan sebagai minyak.  Biji bunga matahari mengandung berbagai macam zat dan vitamin.

biji bunga matahari

vitamin yang terkandung didalam biji bunga matahari diantranya fosor, mangnesium, mangan, asam folat, vitamin B12, vitamin B5, vitamin B3 dan vitamin E. Serta salah satu zat yang paling penting dalam biji bunga matahari adalah lemak monosaturated . Biji bunga matahari ini pun menjadi salah satu makanan bagi hewan-hewan peliharaan, seperti burung dan hamster.

 

Makna di Balik Bunga Matahari

 

Bunga Matahari menjadi salah satu bunga yang dijadikan sebagai bunga potong dan serigkali dijadikan folwer bucket .  Setiap bunga yang dipilih menjadi bagian dari suatu rankaian bunga atau flower bucket tentunya memiliki arti.  Bunga matahari juga memiliki arti dan makna tersendiri.

buket bunga matahari

Bunga matahari memiliki makna pemuja dan kesetiaan, mengapa begitu ? karena dapat dilihat dari kebiasaan bunga matahari yang memiliki sifat heliotropisme atau menyukai sinar matahari. Bunga matahari akan mekar di padi hari dan menghadap sinar matahari, dan tumbuh dengan menyesuaikan arah matahari. Dimana bunganya akan selalu menghadap matahari, itulah mengapa ia di beri nama bunga Matahari.

hal tersebut melambangkan pemuja di mana bunga nya selalu menghadap dan emcari arah cahaya matahari.  kesetian tergambar dari bunga matahari yang selalu berusaha untuk mengikuti arah caya matahari dan selalu tunduk kemanapun cahaya pergi. Ternyata bunga matahari memiliki arti yang dalam juga ya 😀 .

 

 

Manfaat Bunga Matahari

 

dengan berbagai kandungan yang dimilikinya bunga matahari memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya :

  • Menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh dengan kandungan lemak saturated yang dimilikinya.
  • Sebagai antioksidan yang mampu mendetoks racun yang ada dalam tubuh karena mengandung vitamin E yang tinggi.
  • Membantu pemperlancar pembuntukan DNA dan RNA pada pembentukan genetik karena mengandung asam folat.
  • Mengatasi kurang darah karena dapat mempercepat pembentukan hemoglobin dalam darah karena mengandung vitamin B 12.
  • Mencegah asma dan sakit kepala dengan kandungan magnesium yang dimilikinya. dsb.

 

sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari bunga matahari ini loh…

semoga bermanfaat dan terimakasih .

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s