Bunga Hydragea Makna, Cara menanam, dan Keunikan

Tanaman yang satu ini sangat cantik untuk dijadikan tanaman hias. Sudah banyak masyarakat yang mengenal bunga cantik yang satu ini. Tidak hanya itu, Tanaman ini juga mempunyai makana dan keunikan loh. Nah, ayo kita mengenal lebih dalam dengan mengetahui Bunga Hydregea Makna, Cara menanam, dan Keunikan yang dimiliki nya.

Bunga hydragea

 

Sebenarnya naman asli bunga ini adalah bunga Hortensia. Namun masyarakat kebih mengenalnya dengan nama Bunga Hydragea yang berasal dari nama latin nya, yaitu Hydragea macrophilla. Bunga Hydragea juga memiliki nama lokal yang berbeda-beda diantaranya Kembang Bokor, Bunga Panca Warna, Bunga Tiga Bulan dan Bunga Masamba.

 

Bunga Hydragea ini berasal dari daerah Benua Asia Timur, Asia selatan ( seperti Tiongkok, jepang, himalay ). Juga berasal dari daerah Benua Amerika dan Amerika Selatan. Namun bunga cantik ini lebih banyak ditemukan di  Jepang dan Tiongkok.

 

Untuk mengetahui Bunga Hydragea Makna, Cara menanam dan Keunikan nya, maka ada baiknya kita mengetahui ciri terlebih dahulu. Ciri-ciri yang dimiliki oleh Bunga Hydragea diantaranya:

 

Daun bunga Hydragea ini memiliki bentuk bulat telur dengan tepian daun yang bergerigi. Pertulangan daun jelas, sekilas daun bunga Hydragea jika dilihat mirip seperti Daun Mint.

 

Batang bunga Hydragea ini berbentuk bulat dengan batang yang kuat.  Karena tidak memiliki zat kitin yang besar. Merupakan jenis tanaman perdu tahunan yang berwarna hijau saat batang muda. Dengan pertumbuhan tegak ke atas hingga mencapai 1-3 meter menyerupai semak.

 

Bagian bunga dari Tanaman ini memiliki berbagai warna dengan ukuran kecil hingga sedang. Merupakan bunga majemuk, dengan jumlah helai kelopak antara 4-5 helai, berbentuk  Malai.  Bunga Hydragea teramasuk bunga yang awet atau tahan lama, artinya tidah mudah rontok.

 

 

 

 

 

Makna dari Bunga Hydragea

 

 

 

Bunga Hydragea ini sering digunakan sebagai salah satu jenis bunga yang dipakai dalam rangkaian bunga.  Dalam sebuah rangkaian bunga, warna dan jenis bunga yang di pakai memiliki makna tersendiri. Rangkaian bunga atau Flowers Bucket biasanya digunakan untuk mengungkapkan pesan secara tidak langsung.

Bunga hydragea oink biru ungu

 

Maka dari itu kita harus mengetahui terlebih dahulu makna dari bunga yg akan kita gunakan. Bunga Hydragea memiliki makna nya tersendiri. Jika warna berbeda maka makna nya pun berbeda.

 

Secara umum, bunga Hydragea memiliki makna sebagai ungkapan rasa yang amat tulus dari lubuk hati yang paling dalam. Penjelasanya sebagai berikut :

 

Bunga Hydragea Biru

Bunga Hydragea dengan warna biru memiliki berbagai makna. Hydragea dengan warna biru pekat melambangkan hati yang dingin. Sedangkan Hydragea dengan warna biru pucat memiliki arti yang pilu, merupakan permohonan maaf ataupun sebuah penolakan dan penyesalan yang tulus Sera mendalam.

 

Bunga Hydragea Merah Muda

Bunga ini memiliki makna sebuah perasaaan yang tulus dan sebenarnya. Perasaan cinta dan kasih sayang yang berasal dari lubuk hati yang paling dalam dengan sebuah kesederhanaan. Hydragea Merah Muda juga melambangkan sebuah pernikahan.

 

Bunga Hydragea Ungu

Bunga Hydragea dengan warna ini memiliki makna permintaan maaf yang sangat dalam, atau rasa bersyukur yang paling tulus atas suatu hal yang telah terjadi. Bunga ini merupakan suatu penghargaan kepada orang yang ikhlas atau rela berkorban.

 

Bunga Hydragea Putih

Berbeda dari makna yang dimiliki oleh ke empat warna Hydragea sebelumnya. Warna putih pada bunga Hydragea ini memiliki makna keangkuhan, kesombongan, Citra diri serta melambangkan kesucian.

 

 

 

 

 

Cara Menanam Bunga Hydragea

 

 

 

Tanaman hias yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki bunga yang indah.  Jika anda berminat ingin menjadikan nya tanaman hias dirumah anda, maka harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana menanam bunga tersebut.

 

 

  1. Pemilihan bibi atau benih

 

Pilihkan bibit Hydragea dalam kondisi yang baik dan berasal dari suplyer yang terpercaya. Bibit  bunga Hydragea ini biasanya tingginya sudah mencapai 20 Cm.  Sedangkan untuk menanam sendiri, persiapkan lahan semai biji terlebih dahulu.

 

 

  1. Pemilihan Waktu Tanam

 

Pemilihan waktu taman ini cukup penting, dimana akan berkaitan denga kemampuan adaptasi tanaman itu sendiri.  Biasanya bunga Hydragea di tanam pada waktu awal musim gugur. Jiga penanaman dilakukan pada waktu yg kurang teoat, dapat menyebabkan bunga tidak dapat tumbuh bahkan mati.

 

 

  1. Menentukan Tempat dan Media Tanam

 

Tanaman Hydragea ini meliki kesukaan terhadap tanah yang bersifat basa.  Serta membutuhkan tanah yang memiliki drainase baik. Tanaman ini juga membutihkan air yang cukup banyak namun tidak berlebihan.

 

Tanaman ini juga peka terhadap cahaya matahari, terkkadang warna bunga berubah warnanya menjadi agak pucat jika terkena matahari.

 

Jika bibit akan di tanam maka sesuaikan dengan ukuran polybag dengan jarak tanam 20 – 30 centimeter. Serta jangan lupa untuk dilakukan penyiraman setelah menanam bunga.  Hal yang paling penting adalah, kedalaman tnah saat menanam. Karena jika ditanam kurang dalam maka Bunga bias Rooh karena bunganya sangat banyak dan bergerombol.

 

 

 

 

Keunikan Bunga Hydragea

 

 

 

 

Tahu kau anda bahwa bunha ini memiliki banyak keunikan loh. Langsung saja kita simak apa saja sih keunikan nya.

 

 

  • Bunga ini merupakan bunga yang paling banyak jumlahnya di negara Jepang. Bahkan posisinya hampir sama dengan bunga sakura yang merupakan lambang negara tersebut.

 

  • Bunga Hydragea ini memiliki bentuk yang unik, bertumpuk dan bergerombol. Bahkan terkadang kumoulan bunga ini membentuk pola hati.

bentuk hydragea biru

  • Bunga Hydragea bisa berubah warna loh , bagamana bisa ? Tentu saja bisa, karena bunga ini sangat peka terhadap kandungan zat kemasaman (Ph) pada tahan. Jika pH tanah rendah maka bunga Hydragea akan berwarna biru, sebaliknya jika Ph tanah tinggi maka bunga ini akan memiliki warna merah muda. Hal inilah yang melatar belakangi bunga Hydragea dijuluki sebgai Bunga Panca Warna.

 

  • Bunga Hydragea itu ternyata beracun loh, bagian daun dari bunga ini mengandung zat Glikosida Sianida. Pada saat menelan daun bunga ini maka daun tersebut akan mengeluarkan hydrogen sianida. Waah cukup mengerikan ya mendengar kata Sianida :D.

 

  • Bunga Hydragea ini jua bisa dimanfaatkan sebgai obat loh, bagaimana bisa ? tadi beracun, sekarang bisa jadi obat ?. Ya, bunga ini bisa juga dimanfaatkan menjadi obat sakit tenggorokan dan malaria. Bagian akar bunga dan kelopak bunga lah yang dimanfatkan sebagai obat.

 

  • Bunga ini telah banyak menjadi inspirsi banyak seniman dan sastrawan di duni. Banyak karya terkenal yang mebahas bunga Hydragea di dalam nya.

 

  • Ada filosofi yang dapat kita pelajari dari Bunga Hydragea ini, yaitu pantang menyerah dan kesetiaan.  Lihat dan perhatikan saja, Bunga Hydragea dengan setia dan tabah menemani tangkainya, ia tetap berada pada tangkainya walaupun hujan dan badai menerpa. Kekuatan bahkan sampai bunga mengering dan berwarna kecoklatan masih menempel pada tangkainya. Waaah dalam sekali yaa.

 

 

hydragea sankarea

Tahukah kalian bahwa bunga ini menjadi salah satu objek utama dalam sebuah serial anime Jepang loh.  Bagi para pecinta anime pasti tahu, serial anime dengan judull “Sankarea” ini menceritakan tentang seorang gadis yang belum rela untuk mati.  Dan temanya pun menggunakan zat racun yang ada dalam Daun Bunga Hydragea ini untuk menghidupkannya kembali.

 

 

 

Nah itulah artikel Bunga Hydregea Makna, Cara menanam, dan Keunikan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s