Tanaman Tradisional Untuk Diet Alami

Dikalangan kaum hawa sangat penting menjaga keindahan penampilan. Mulai dari perawatan wajah sampai pola hidup sehat dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang indah sesuai yang diinginkan. Hal paling menjadi keluhan salah kaum wanita satunya adalah berat badan.

Tak ayal, kemudian banyak dari kamu hawa ini berburu cara yang paling efektif dan aman tentunya untuk melakukan diet. Diet adalah suatu program dimana kita mengusahakan agar terjadinya penurunan berat badan. Cara diet yang tidak tepat bisa membahayakan kesehatan bahkan hidup kita.

Tanman tradisional untuk diet
Credit by botaniku.com

Jadi sangatlah penting untuk kita memilih cara diet yang baik dan tepat ya. Salah satu diet yang aman adalah dengan menggunakan tanaman tradisional yang alami nih. Banyak loh tanaman yang bisa kita jadikan salah satu alternatif cara untuk diet.

Nah, berikut ini akan kami paparkan tanaman apa saja sih yang bisa digunakan untuk diet ? Langsung saja baca di bawah ini, diantara nya:

 

1. Bawang Putih

Tanaman bawang putih ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk diet, dengan memnfaatkan bagian umbi bawang nya. Banyak orang yang kurang suka dengan bawang karena memiliki aroma yang kurang sedap. Sebenarnya bawang putih ini mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat bagi tubuh.

bawang putih

Seprti asam folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, ribofalin, tiamin, kalsium, kalium, vitamin A, C , E, K, magnesium, mangan, fosfor, dan masih banyak lagi. Zat yang paling penting untuk diet ini adalah Allicin.

Allicin merupakan zat yang memperlancar aliran darah dengan menghancurkan penghambat saluran pembuluh darah. Sebagai penghancur lemak yang tertimbun dalam tubuh atau fat deposotion. Allicin ini juga adalah zat yang memberikan bau pada bawang.

Rutinlah mengkonsumsi bawang setiap pagi saat baru bangun tidur dan belum memakan apapun. Konsumsilah sebanyak 2-3 butir bawang putih. Caranya dengan di hancurkan tau di potong-potong.

 

2. Lidah Buaya

 

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman yang membantu proses diet. Kandungan yang ada dalam lidah buaya antara lain kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Berbagai zat mineral serta vitamin tersebutlah yang membuat lidah buaya memiliki fungsi detoksifikasi. Detoksifikasi mengeluarkan racun dan zat yang tidak berguna dalam tubuh. Selain itu, kandungan lidah membantu memperlancar gerakan usus.

Dengan lancarnya gerakan usus membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar. Kandungan vitamin C pada llodah buaya mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman dari lidah buaya ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Wah cocok sekali ya untuk membantu program diet. Caranya bisa di campurkan potongan daging lidah buaya dengan minuman. Daging lidah buaya juga bisa di buat menjadi jus.

lidah buaya

 

3. Asam Jawa

 

Asam Jawa merupakan tanaman yang telah akrab di telinga masyarakat. Sejak dulu asam Jawa sudah digunakan dalam pembuatan berbagai obat-obatan, jamu, dan masakan tradisional. Asam Jawa mengandung banyak serat, karbohidrat, kalsium, zat besi, kalium dan lainnya. Serta berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan K.

Zat yang penting untuk membantu proses diet ini adalah asam hidroksitikit (HCA) dan vitamin C. Berfungsi sebagai zat yang memberikan rasa kenyang, tidak mudah lapar. Mencegah lemak yang berasal dari makanan yang kita konsumsi tidak tertimbun dan menumpuk dalam tubuh. Asam Jawa juga dapa memperlancar metabolisme tubuh, dan dapat menjadi antioksidan.

asem jawa

Cara mengkonsumsi nya adalah dengan merebus asam Jawa tersebut untuk di ambil airya. Kemuadia tuangkan air rebusan tadi k dalam gelas sambil di saring. Beri sedikit gula dengan kandungan kadar yang rendah. Minumlah air rebusan asam tersebut secara rutin.

 

4. Teh hijau

 

Teh hijau merupakan bahan yang terkenal dalam dunia diet. Teh hijau sering digunakan sebagai produk pelangsing tubuh. Teh hijau mengandunh antiokridan yang tinggi sehingga membantu proses detoksifikasi.

Teh hijau mengandunh zat Epigallocatechin Gallate yang mebuat nafsu makan berkurang. Selain itu juga teh hijau bermanfaat membakar lemak yang ada dalam tubuh dan meningkatkan proses metbolisme. Caranya seduhlah daun teh hijau kering dengan air hangat, minumlah secara rutin 3-6 kalo sehari sebelum makan.

teh hijau

 

5. Jahe

 

Tanaman jahe termasuk dalam keluarga rimpangan. Tanaman jahe untuk diet ini cukup berpengaruh terhadap pengurangan berat badan. Jahe sangat mudah di temukan dan di budidayakan.

Jahe mengandung zat yang menciptakan rasa hangat jika mengkonsumsinya, hal ini berguna juga untuk membakar kandungan lemak dalam tubuh. Jahe juga memperlancar proses metbolisme tubuh dan proses pencernaan. Selain itu jahe dapat menghambat produksi hormon kortisol yang merupakan hormon yang meningkatkan rasa lapar.

Dengan mengkonsumsi jahe maka anda akan mengalampi penurunan nafsu makan. Serta membuat rasa kenyang lebih cepat dengan mencegah kekurangan zat leptin dalam tubuh. Sehingga sangat ampuh untuk digunakan sebagai cara diet .

jahe

Cara mengkonsumsinya adalah dengan merebusnya dan diambil airnya untuk diminum. Atau juga dengan digeprek dan di bakar kemudian masukan kedalam seduhan teh. Konsumsi lah air jahe tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

Semoga dapat membantu, mohon maaf dan terimakasih.
Baca juga : Melati Air Yang Sederhana Nan Cantik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s