MELATI AIR YANG SEDERHANA NAN CANTIK

Indonesia merupakan Negara dengan iklim tropis, karena itulah terdapat berbagai jenis tanaman air yang dapat kita jumpai dengan sangat mudah. Tanaman air kini menjadi salah satu tanaman hias yang mulai diminati oleh masyarakat karena perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan pupuk seperti tanaman lainnya. Karena itulah artikel ‘Melati Air sederhana nan cantik’ ini dibuat.

Sebenarnya banyak jenis tanaman air yang berada disekitar kita, baik berbunga maupun tidak berbunga. Namun jenis tanaman air yang sudah sangat terkenal dan familiar serta diketahui banyak orang sebagai tanaman air hanya beberapa jenis saja. Seperti tanaman air Teratai, Lotus, dan Eceng Gondok. Teratai dan Lotus merupakan tanaman air hias yang sangat mudah kita jumpai. sering di gunakan sebagai tanaman hias air yang biasanya berada di bangunan-bangunan seperti hotel, tempat wisata, restoran, atau bahkan dapat kita jumpai di pekarangan rumah.

Melati air adalah salah satu tanaman air yang bisa dijadikan tanaman hias. mungkin banyak orang yang belum mengetahui melati air yang cantik nan sederhana ini. Melati air atau sering disebut dengan nama lainnya yaitu Mexican Sword-Plant ini masuk kedalam famili Alismataceae. Melati air ini masuk dalam kelas Liliopsida atau tanaman bunga dengan biji berkeping satu (monokotil). Melati air yang sederhana nan cantik ini memiliki ciri khasnya serta kelebihannya tersendiri jika dibandingkan dengan jenis tanaman air lainnya yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias.

melati air yang sederhana nan cantik
Sourch of google

Secara umum terdapat tiga jenis melati air yang dikenal, yaitu melati air jenis satu, dua, dan tia. Melati air jenis satu, memiliki daun yang lebih lebar dan tebal dengan bentuk seperti mangkuk, di sekeliling daunnya tidak ada gelombang yang mengitari daun. Bunganya dalam satu kuncup bisa terdapat beberapa bunga.

Melati air jenis  dua, hampir mirip dengan jenis satu, hana saja memiliki perbedaan pada sekeliling daunnya yang bergelombangmengitari daun
Sedangkan untuk melati air jenis tiga, ukuran daunnya lebih kecil serta memiliki corak kehitaman terlihat seperti tompel pada daun, dan batang yang dimiliki oleh melati jenis ini lebih panjang

 

 

CIRI MORFOLOGI MELATI AIR YANG SEDERHANA NAN CANTIK

Batang

Bantang tanaman melati air ini berukuran kecil berbentuk segi lima, tanaman nya pun menjulang ke atas. Bahkan mampu tumbuh dengan sangat tinggi mebuatnya menjadi melati air yang sederhana nan cantik, tergantung media tanam yang kita gunakan. Tangkai bunga semakin lama akan merebah karena anakan yang muncul semakin besar, sehingga membuat tangkai atau batang tidak kuat untuk menopangnya. Anakan akan semakin besar dan akan menyentuh tanah. Akar-akar dari tunas anakan ini akan muncul dan lama-kelamaan tangkai atau batagnya akan membusuk serta bisa juga mengering sehingga tanaman baru akan terpisah dengan induknya.

Melati air yang sederhana nan cantik 2

Daun

Bagian daun tanaman melati air ini sesuai dengan julukannya yaitu melati air sedernaha nan cantik. bentuk dauun melati air ini memang sederhana. Jika dilihat secara sekilas bentuknya mirip dengan daun sirih hijau dengan bentuk daun bulat besar, lonjong besar dan lonjong kecil. Perbedaannya adalah tekstur dari daun melati air ini kaku berwarna hijau muda hingga hijau tua. Permukaan daunnya kasar serta di bagian ujung daun terdapat bagian yang runcing. Serta tulang daun tampak terlihat jelas dan nyata.

Bunga

bunga melati air

Bagian tanaman melati air hias paling utama adalah bagian bunga, yang membuatnya menjadi melati air yang sedernana nan cantik. bunga melati air ini memang sederhana, kelopak bunganya berupa helaian berwarna putih dan di tengah bunga terdapat sedikit bagian yang berwarna kuning. Bagian yang berwarna kuning merupakan serbuk sari bunga tersebut. jika terjadi pembuahan atau penyerbukan pada bunga maka bunga akan menghasilkan buah yang berisi biji.

 

 

KELEBIHAN MELATI AIR YANG SEDERHANA NAN CANTIK

Setiap mahluk hidup diciptakan Tuhan memliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing yang berbeda dengan mahluk hidup lainnya. Berikut adalah kelebihan yang dimiliki melati air sederhana nan cantik:

  1. Bunga melati air selalu ada dan secara bergantian muncul membuatnya menjadi melati air yang sederhana nan cantik.
  2. Mudah di tanam, karena perbanyakan melati air ini bisa menggunakan biji dan yang paling mudah adalah dengan menggunakan tunas batang nya.
  3. Pas di semua tempat, melati air bisa diletakan di bagian mana saja dari rumah atau bangunan. Bisa saja diletakan di bagian halaman belakang, di samping rmah, di halaman depan rumah atau bisa saja di dalam ruangan asalkan cahaya cukup serta tidak terlalu lembap dan terlalu kering.
  4. Mudah beradaptasi, bahkan melati air ini dapat hidup dalam kondisi air yang buruk sekalipun asalkan tetap ada media tanahnya.
  5. Mampu menyerap polutan, bahkan tanaman melati air ini merupakan penyerap polutan tertingi jika dibandingkan dengan Eceng Gondok, Iris Air Kuning, Bambu Air, Genjer, dan tanaman lainnya.

tanaman air hias

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh tanaman melati air yang tidak kalah dengan tanaman air lainnya.  serta menjadi kelebihan yang membuatnya pantas mendapat julukan tanaman ‘ Melati air sederhana nan cantik ‘. Karena pada dasrnya kecantikan juga bisa berasal dari kesederhanaan.  Sekian dan Terimakasih.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s