Cara Merawat Tanaman Dalam Ruangan (Indoor)

Tanaman adalah tumbuhan yang dibudidayakan oleh manusia untuk diambil manfaatnya.  Tanaman dan tumbuhan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan.  manfaat utama tanaman dan tumbuhan yaitu sebagai sumber utama bahan pangan serta makanan, penyedia udara atau oksigen. Selain itu tanaman juga memiliki manfaat estetika, atau sebagai media untuk memperindah serta mempercantik ruangan dengan merawat tanaman dalam ruangan (indoor).

Tanaman dalam ruangan (indoor) harus dirawat dengan baik agar keindahannya terjaga.  Merawat tanaman dalam ruangan (indoor) ini memiliki cara dan tips yang sedikit berbeda dengan tanaman yang berada di luar ruangan (outdoor). Hal tersebutlah yang melatar belakangi pembuatan artikel ‘ Cara Merawat tanaman dalam ruangan (indoor)’.

Tanaman dalam ruangan (indoor) memiliki banyak fungsi dan manfaat. Seperti sebagai pencipta suasana ruangan rumah agar lebih hangat jika di pandang. Selain itu, tanaman dqlam ruangan (indoor) dapat menjadi dekorasi yang berwarna. Tanaman dalam ruangan (indoor) juga mampu menjernihkan udara dengan menyerap kadar polusi udara tersebut, yang membuat terjadinya peningkatan kesehatan jarena udara yang dihirup tidah tercemar. Mampu membantu meningkatkan fokus.

Langsung saja pada inti bahasan yaitu cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor), seperti apa cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor) ? Inilah penjabaran nya :

1. Menjaga Tanah Yang Berada Dalam Pot Agar Tetap Lembap Tetapi Tidak Basah

tanaman pot dalam rumah

Hal ini penting dalam cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor). Jangan membiarkan tanaman pada keadaan tanah yang terlalu basah ataupun juga terlalu kering. Hal tersebut sangat membahayakan akar tanaman, bisa saja akar tanaman rusak dan mati.

Jika terlalu sering disiram, permukaan tanahnya akan menjamur. Tanaman bisa layu bahkan mati. Karena banyaknya bakteri atau mikoriza yang tumbuh pada bagian akar. Itulah yang menyebabkan akar akan menjadi busuk.

Jika terlalu kering atau tidak disirami air dengan baik, maka tanaman akan layu bahkan mengering. Tanaman yang memiliki jenis daun lebat dan tebal biasanya membutuhkan jumlah air yang lebih banyak.

Hal yang sangat perlu di perhatikan dalam cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor) adalah memprhatikan jenis tanaman apa yang ditanam.  Ada beberapa jenis tanaman yang mampu bertahan dalam keadaan tanah kering ataupun sebalik nya.

Ada jenis tanaman yang nampu bertahan di keadaan tahan kering dan tidak begitu membutuhkan cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor). Tanaman tersebut biasanya tanaman Kaktus, Lidah Mertua, Lili Paris, Siklok, Palem mini, dan tanaman lainnya. Tanaman tersebut adalah tanaman yang tahan dengan keadaan panas.

penyiraman tanaman dalam rumah

Cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor) lainnya adalah waktu penyiraman. Hindari menyiram tanaman hias dalam ruangan pada waktu siang hari. Hal ini dapat  mengakibatkan terganggunya proses fotosintetis yang berlangsung pada tanaman.

Untuk menentukan tanaman perlu disiram atau tidak dapat dilakukan dengan  merasakan tanah yang ada di dalam pot. Apakah tanah tersebut sudah cukup lembab atau retak kekeringan. Penyiraman dengan air pun harus mengalir hingga ke bawah bagian akar.

2. Melakukan Penyiangan dan menjaga Kebersihan Tanaman Hias

Penyiangan adalah membersihkan  bagian bagian tanaman yang di anggap menganggu. Cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor) dengan penyiangan dilakukan sesering mungkin.  Karena tanaman mengalami bertumbuhan setiap saat, sehingga kita harus memperhatikan perubahan yang terjadi terhadap tanaman tersebut.

Cara merawat tumbuhan dalam ruangan (indoor) dengan penyiangan seperti mencabut daun yang kering. Menyingkirkan daun ketika daun tanaman tersebut sudah mulai layu dan terlihat berwana kuning. Dengan membersihkan daun-daun yang kering dan menguning, dapat menurunkan kemungkinan tanaman hias terhadap serangan berbagai macam hama dan penyakit.

pemangkasan dan penyiangan tanaman dalam ruangan

Membersihkan dan mencabut tumbuhan lain atau gulma yang ada di dalam pot tanaman hias. Kehadiran gulma dapat menganggu proses pertumbuhan tanaman utama. Teknik dalam mencabut harus dilakukan dengan benar dan  hati-hati. Harus diusahakan agar pencabutan tidak merusak tanaman.

Penyiangan dilakukan agar kebersihan tanaman hias terjaga. Jika kebersihan tanaman terjaga maka tanaman akan sehat. Menjaga kesehatan tanaman juga sangat penting. Hal ini berkaitan dengan hama dan penyakit tanaman. Hama dan penyakit tanaman bisa saja muncul dan berkembang akibat kurang nya penyiangan.

Tanaman hias membutuhkan perlakuan untuk pencegahan dan mengatasi hama penyakit tanaman yang mungkin saja menyerang. Terdapat beragam hama dan penyakit tanaman tergantung pada jenis tananaman hias yang di tanam. Hama yang sering sekali muncul pada tanaman hias, terutama tanaman berdaun kebanyakan adalah jenis hama ulat dan belalang.

Selain terhindar dari hama dan penyakit tanaman, penyiangan juga memberikan fungsi lain. Bisa membuat keindahan Tanaman tersebut meningkat. Tanaman yang tidak dipangkas bisa tumbuh tak terkendali. Akar tanaman bisa saja tumbuh samoai ke luar pot atau vas.

Hal lain yang bisa saja Anda lakukan dalam cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor) alah membersihkan bagian permukaan daun. Membersihkannya adalah negan mengelap permukaan daun untuk menghilangkan debu. Debu yang ada dapat saja mengganggu kemampuan tanaman menerima cahaya yang sangat dibutuhkan dalam proses fotosintesis.

Walaupun tanaman hias diletakan di dalam ruangan tidak menutup kemungkinan terserang hama dan penyakit. Maka dari itulah kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan tananam. Sesuai dengan cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor) yang baik.

3. Mengatur Pencahayaan dan Letak Tanaman Hias alam Ruangan

Pencahayaan sangat penting dilakukan sebagai salah satu cara merawat tanaman dalam ruangan (indoor) yang perlu di pertimbangkan. Seperti yang kita ketahui bahwa cahaya merupakan faktir penting yang dibutuhkan tumbuhan untuk ptoses fotosintesis. Jika kekurangan cahaya pertumbuhan tanaman akan menjadi tidak wajar.

Tanaman dalam ruangan

Maka dari hal itulah tanaman perlu di letakan sebentar di luar ruangan. Fungsinya adalah membunuh jamur yang tumbuh,  paling sedikit lakukan penjemuran dua kali dalam satu minggu. Namun, meski sinar matahari sangat baik untuk pertumbuhan tanaman, hindari paparan langsung seperti meletakannya di sisi kaca jendela yang langsung terkena sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung dan berlebihan dapat merusak kecantikan serta keutuhan daun.

Selain itu peletakan tanaman hias dalam ruangan juga harus sesuai. Hal ini di sesuaikan dengan sirkulasi udara dalam ruangan. Karena tanaman juga membutuhkan usaha untuk proses fotosintesis nya.  Usaha juga membuat tanaman hias tidak mudah lembab dan berjamur.

Begitulah sedikit pengetahuan yang dapat kami bagi mengenai ‘ Cara Merawat Tanaman Dalam Ruangan (indoor), semoga bermanfaat dan semoga selalu bersemangat untuk menanam ya sahabat botaniku. Sekian dan Terimakasih.

Kunjungi juga tulisan lainnya MELATI AIR YANG SEDERHANA NAN CANTIK

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s