BUNGA DANDELLION ‘ Si Rapuh Namun Kuat ‘

Selama ini bunga dandellion hanya di anggap sebelah mata oleh banyak sekali orang dalam masyarakat.  Bahkan ada saja orang yang menganggap nya sebagai tanaman yang tak berguna. Bahkan sering dianggap sebagai tanaman gulma yang dibiarkan begitu saja. Hal ini dikarena sesungguhnya bunga dandellion dapat dengan mudah ditemukan.  kebnyakan bunga dandellion sering di temukan di pinggir-pinggir jalan, tepian saluran air, bahkan di tepian pinggir sungai.
Maka dari itulah, ayo mengenal dan belajar lebih dalam degan Bunga dandellion ‘ Si Rapuh Namun Kuat ‘ dan simak artikel ini.

bunga dandellion
Bunga Dandelion atau nama ilmiahnya Taraxacum  adalah tanaman bunga yang masuk dalam  famili Asteraceae. Bunga dandellion ini juga memiliki nama lain, di Indonesia tanaman ini di kenal dengan nama Randa Tapak. Randa Tapak sendiri sudah menggambarkan Bunga dandellion ‘ Si Rapuh, Namun Kuat ‘ itu sendiri.
Dimana Randa Tapak sendiri digunakan untuk menggambarkan Bunga dandellion yang bakal bunganya pergi sendiri.  Serta bunga dandellion merupakan bunga yang memiliki “bunga-bunga” kecil yang terbang ditiup angin.
Sebenarnya bunga dandellion ‘ si rapuh namun kuat ‘ ini berasal dari daerah Eropa dan Asia. Namun saat ini bunga dandellion sudah menyebar ke semua negara di dunia. Sehingga bunga ini dapat dengan mudah sekali untuk kita jumpai.

Ciri Khas Bunga Dandellion ‘ Si Rapuh Namun Kuat’ 

Tanaman bunga dandellion ini dandellion ini sederhana. Daun bunga dandellion berbentuk basal dan berteriak sekilas terlihat seperti menjari.
dandellion rapuh
Kepala bunga dandellion memiliki warna kuning sampai oranye. Umumnya membuka pada siang hari, dan menutup di malam hari. Satu Kepala bunga di tanggung oleh satu batang tanaman. Jika Batang di patah maka akan keluar cairan seperti  susu getah ( lateks ).
Hal yang menarik dari bunga dandellion ‘ si rapuh namun kuat ‘ ini adalah bunga nya. Bunga dandellion lama kelamaan akan berubah menjadi kumpulan biji dengan bulu-bulu yang terdapat di ujung atasnya. Bunga yang matang tersebut kumpulan nya disebut achenes .
Bagian dengan sebutan Achenes inilah yang membuat bunga dandelion dapat dengan mudah tertiup angin. Dengan bantuan angin bunga dandellion ‘si rapuh namun Kuat’ ini mampu menjelajahi berbagai daerah. Bahkan Bunga dandellion mampu tumbuh dengan baik dimana saja. Karena bunga ini memiliki kemampuan adaptasi terhadap lingkungan yang sangat baik.

Belajar Dari Filosofi Bunga Dandellion ‘ Si Rapuh Namun Kuat ‘

Bunga Dandelion memiliki dua fase, saya menamainya dengan fase bunga indah dan fase bunga rapuh.
Pertama fase bunga indah, dimana hal ini terjadi saat bunga mekar dengan sempurna. Ketika bunga itu berwarna kuning cerah yang menawan dan tetap dalam kesederhanaan. Fase ini biasa disebut dengan bunga induk. Bentuk bunga dandelion saat inilah hampir mirip dengan bunga Aster.
krisan dandellion
Kemudian fase kedua adalah bunga rapuh. Dimana hal ini terjadi dengan berubahnya bunga yang cerah perlahan menguncup. Bunga yang menguncup akan mekar kembali dengan tampilan yang berbeda. Tampilannya menjadi sangat sederhana seperti gumpalan permen  kapas berwarna putih.  ini lah yang membuat bunga ini cocok dangan julukan bunga dandellion ‘si rapuh namun kuat’.
gumpalan kapas bunga
Ada satu kepercayaan yang tumbuh di masyarakat mengenai bunga dandellion ini. Yaitu jika kau tiup bunga dandellion dalam sekali tupan semua bijinya terbang. Maka keinginanmu yang kau sebutkan dalam hati sambil meniup bunga tersebut akan jadi kenyataan.
Dua hal yang berarti bagi dandellion hembusan angin yang menggoyahkan tangkai nya, dan gerakan tangan yang memegangnya. Kedua hal itu membuat gumpalan kapas putih yang merupakan benih dandellion dapat terlepas dari tangkainya.
Pernahkah kalian berfikir, bahwa terdapat sebuah ketegaran di dalam kerapuhannya. Saat dia terlepas dari tangkainya sebenarnya pun ia tak tau kemana ia akan pergi. Namun ia pergi dengan membawa kehidupan di setiap langkahnya.
Hal yang dapat kita petik dari bunga dandellion ini adalah, percayalah bahwa perubahan akan membawa sebuah kebaikan. teruslah belajar seperti dandellion , dimana dia berpijak di situ dia berdiri. Tak usah risau dengan pandangan orang lain tentang dirimu.
Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.
Baca juga artikel lainnya TANAMAN ROSELLA YANG BERMANFAAT
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s