TANAMAN ROSELLA YANG BERMANFAAT

Tanaman Rosella, atau tanaman yang memiliki nama lain seperti asam paya, asam kumbang dan asam susur dengan nama latin Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika.  Tanaman Rosella ini merupakan salah satu anggota familli Malvaceae. Rosella dapat tumbuh baik di berbagai daerah baik tropis maupun subtropis yang kaya akan manfaat.

Mungkin saat ini masyarakat belum banyak yang mengetahui tanaman rosella.  Bahkan kebanyakan orang hanya mengenal tanaman rosella sebagai tanaman hias sebagai pagar.  Tanaman ini merupakan tanaman bunga yang tidak seperti kebanyakan. Karena bentuk bunga dan tanaman rosella ini memiliki cirikhasnya tersendiri.
tananam rosella
Sumber : google

 Ciri Tanaman Rosella

Batang
Batang tanaman rosella berukuran kecil seperti tanaman pada umumnya sekitar 5 mm, berwarna hijau tua hingga ada bagian tertentu yang dominan berwarna merah.
Daun
Bagian daun dari tanaman rosella ini berbentuk sedikit menjari dengan tiga jari, dibagian pinggir bergerigi berwarna hijau tua dengan tulang daun yang dapat terlihat dengan jelas.
Buah dan Biji
Buah bunga rosella terletak di dalam bunganya berwarna hijau tua, berbentuk seperti ginjal kering dengan lima lobus dan setiap lobusnya terdapat lima biji bunga rosella.
Akar
Jenis akar yang dimiliki tanaman rosella ini adalah akar tunggng di mana akar ini tumbuh masuk kedalam tanah.  Karena itulah tanaman rosella sulit untuk di cabut jika telah tumbuh tinggi.
Bunga

Bagian yang utama tanaman rosella adalah bagian bunganya, yang terletah di ketiak daun tanaman rosella. Merupakan bunga tunggal karena hanya ada satu di setiap batang nya.  Bunga merupakan bagian tanaman rosella yang paling sering dimanfaatkan oleh manusia.

 

 

Bagian kelopak bunga rosella berwarna putih jika telah mekar, seperti bunga kankung. Berwarna merah dan teksturnya kaku, berbeda seperti saat bunga pada kondisi yang telah mekar sempurna.  Bentuk bunganya saat menguncup jika dilihat sekilas, bentuk kuncup bunga tanaman rosella ini seperti bunga tulip.  Bunga rosella memiliki kelopak yang lancip pada ujung-ujungnya saat masih dalam keadaan kuncup.

 

Manfaat Tanaman Rosella

Dibalik manfaatnya tersebut tanaman rosella memiliki segudang zat yang berkhasiat yang terkandung di dalamnya.  Seperti zat niasin, riboflavin, dan juga zat besi dengan jumlah yang cukup tinggi.  Serta mengandung viatamin A, vitamin C , dan berbagai zat asam amino lainnya yang sangat diperlukan oleh tubuh.

1. Zat niasin
Zat niasin yang ada pada tanaman rosella berfungsi sebagai zat untuk meningkatkan       kolesterol baik dalam darah dan mengurangi kolesterol buruk dalam darah.  Sehingga mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.  Selain itu zat ini mampu mengurangi munculnya jerawat pada kulit wajah.
2. Zat riboflavin
Berfungsi sebagai zat yang berperan sebagai antioksidan, dimana zat ini memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas.  Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron sehingga kehadirannya akan mennganggu molekul lainya. Maka dari itulah kebanyakan penyakit yang ditimbulkan oleh radikal bebas merupakan penyakit kronis.  Jadi sangat baik untuk mengkonsumsi minuman yang terbuat dari tanaman rosella sebagai pencegah penyakit kanker.
3. Zat besi
Zat besi yang terkandung dalam tanaman rosella ini memiliki fungsi yang sangat banyak dalam tubuh manusia. Diantaranya meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan menjaga metebolisme tubuh.  Dengan mengkonsumsi bunga tanaman rosella secara konsisten maka kebutuhan tubuh akan zat besi bisa terpenuhi sehingga membuat tubuh menjadi lebih bugar.
4. Vitamin A
Vitamin A juga terdapat dalam tanaman rosella yang memiliki fungsi yang sudah diketahui banyak orang adalah sebagai zat yang membantu menjaga kesehatan mata.  Selain itu juga menjaga kesehatan jaringan pada tubuh kita, sehingga luka menjadi lebih cepat sembuh.
5. Vitamin C
Vitamin C yang terkandung di dalam tanaman rosella ini berperan sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Manfaat lainya adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi.  Dengan mengkonsumsi bunga tanaman rosella secara teratur maka sistem kekebalan tubuh kita meningkat secara bertahap.  Sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

MEMBUAT THE TANAMAN ROSELLA

Semenjak tanaman rosella terenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, saat ini mulai banyak yang menjadikan tanaman rosella tersebut sebagai bahan untuk di konsumsi.  Salah satunya adalah dengan menjadikan bagian bunga dari tanaman rosella tersebut menjadi teh.  Teh bunga tanaman rosella ini sangat berbeda dengan teh kebanyakan pada umumnya.
tanaman rosella yang khas dan bermanfaat
Rasa teh bunga tanaman rosella ini memiliki cita rasa dan wangi yang khas.  Cita rasa yang dimiliki oleh the anaman rosella ini adalah rasa masam yang unik, rasa masamnya tidak berlebihan.  Wangi atau aroma khas yang dimiliki teh bunga tanaman rosella ini begitu menenangkan dan menyegarkan.  Anda tidak akan kecewa setelah mencobanya sendiri.
Berikut merupakan cara membuat the bunga tanaman rosella secara sederhana dan mudah dilakukan:
1. Jika anda memiliki tanaman rosella sendiri hal yang pertama dilakukan adalah  menjemur bunga rosella yang telah tua agar warna merahnya lebih keluar selama beberapa hari.  Bias juga dengan menggunakan mikrowafe agar lebih cepat.
2. Pastikan bunga tanaman rosella kering, kemudian cuci bunga tersebut.
3. Letakan dalam gelas dan beri air panas
4. Tambahkan sedikit gula agar tidak terlalu hambar, jangan terlalu banyak gula karena bisa merusak citarasa dari teh bunga tanaman rosella.
Begitulah artikel yang saya buat mengenai tanaman rosella yang khas sederhana dan bermanfaat.  Semoga artikel ini bias menambah pengetahuan dan berguna bagi pembaca. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih.
Iklan

One comment

  1. […] Bunga Dandelion memiliki dua fase, saya menamainya dengan fase bunga indah dan fase bunga rapuh. Pertama fase bunga indah, dimana hal ini terjadi saat bunga mekar dengan sempurna. Ketika bunga itu berwarna kuning cerah yang menawan dan tetap dalam kesederhanaan. Fase ini biasa disebut dengan bunga induk. Bentuk bunga dandelion saat inilah hampir mirip dengan bunga Aster. Kemudian fase kedua adalah bunga rapuh. Dimana hal ini terjadi dengan berubahnya bunga yang cerah perlahan menguncup. Bunga yang menguncup akan mekar kembali dengan tampilan yang berbeda. Tampilannya menjadi sangat sederhana seperti gumpalan permen  kapas berwarna putih.  ini lah yang membuat bunga ini cocok dangan julukan bunga dandellion ‘si rapuh namun kuat’. Ada satu kepercayaan yang tumbuh di masyarakat mengenai bunga dandellion ini. Yaitu jika kau tiup bunga dandellion dalam sekali tupan semua bijinya terbang. Maka keinginanmu yang kau sebutkan dalam hati sambil meniup bunga tersebut akan jadi kenyataan. Dua hal yang berarti bagi dandellion hembusan angin yang menggoyahkan tangkai nya, dan gerakan tangan yang memegangnya. Kedua hal itu membuat gumpalan kapas putih yang merupakan benih dandellion dapat terlepas dari tangkainya. Pernahkah kalian berfikir, bahwa terdapat sebuah ketegaran di dalam kerapuhannya. Saat dia terlepas dari tangkainya sebenarnya pun ia tak tau kemana ia akan pergi. Namun ia pergi dengan membawa kehidupan di setiap langkahnya. Hal yang dapat kita petik dari bunga dandellion ini adalah, percayalah bahwa perubahan akan membawa sebuah kebaikan. teruslah belajar seperti dandellion , dimana dia berpijak di situ dia berdiri. Tak usah risau dengan pandangan orang lain tentang dirimu. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih. Baca juga artikel lainnya TANAMAN ROSELLA YANG BERMANFAAT […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s