Mengenal Jeruk Nipis

jeruk nipisJeruk nipis adalah tanaman buah yang kaya manfaat dan banyak digunakan orang untuk membuat masakan ataupun obat.  Tanaman buah ini salah satu jenis tanaman yang berasal Asia dan Amerika  Tengah.

Jeruk nipis ini memiliki buah berbentuk bulat,  warna kulit hijau sampai kuning dengan kulit buah mengandung minya atsiri.  Selain itu daging buah jeruk mengandung asam sitrat dan vitamin C.

 

Tanaman buah jeruk nipis ini dapat tumbuh di dataran rendah.  Tempat tumbuh tanaman yang baik adalah tempat-tempat yang langsung terkena sinar matahari.  Tanaman buah ini dapat dilakukan perbanyakan dengan menggunakan biji secara okulasi atau cangkok.

 

jeruk nipisPada umumnya masyarakat menanam jeruk nipis ini karena, manfaat-manfaat dari jeruk nipis itu sendiri.

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat mulai dari membuat minuman, penyedap masakan, membersihkan karatan pada peralatan masak atau lain-lain, serta dapat digunakan untuk mencuci rambut.

Karakteristik jeruk nipis antara lain; memiliki warna kulit hijau dan kekuningan, bentuk bulat atau lonjong dengan bagaian ujung pucuk buah berbentuk runcing, kulit buah jeruk nipis agak tebal, bagian dalam buah tidak serabut dengan daging buah agak tebal,  biji buah berbentuk oval,  dan rasa buah yang asam.

jeruk nipisKandungan gizi yang terkandung dalam jeruk nipis antara lain; limonene dan linalool, ponicirin, naringin, dan rhifolin.  Ditambah kandungan buahnya yang masak yaitu, synephrine dan N-methyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C.

Jeruk nipis juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita.  Beragam kandungan zat-zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh.  Oleh karena itu, berbagai jenis penyakit atau gangguan kesehatan dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk nipis ini. 

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis bagi kesehatan kita:

  1. Batuk

Batuk salah satu gangguan kesehatan yang menyerang sistem pernafasan kita.  Banyak orang yang mengeluh karena gangguan kesehatan ini dapat menganggu aktivitas mereka.  Air buah jeruk nipis ini dapat digunakan untuk mengobati batuk.  Caranya; buah jeruk nipis dicuci, lalu diperas, kemudian dicampur dengan 1 sendok makan dan tambahkan sedikit garam, selanjutnya aduk hingga rata, disaring dan diminum sehari 2-3 kali.

  1. Demam atau Flu

Biasanya anak-anak mudah terserang flu dan demam.  Aktivitas bermain dan sekolah yang padat dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh mereka.  Hal ini dianjurkan untuk mengkonsumsi air jeruk nipis, dengan cara buah jeruk nipis diperas, ditambah 2-3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kening penderita demam atau flu.

 

  1. Amandel

Penderita amandel sering mengalami demam atau kesulitan saat menelan makanan.  Sehingga sangat membuat tidak nyaman bagi si penderita.  Nah, kult jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati sakit ini.  Caranya kulit jeruk nipis dicuci, lalu dipotong-potong, selanjutnya direbus, kemudian airnya disaring.  Air hasil saringan tersebut dapat digunakan untuk berkumur-kumur.

  1. Bau Badan

Bau badang sering dialami oleh banyak orang, keringat dari badan seseorang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan membuat orang tidak percaya diri akibat bau badan tersebut.  Cara yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jeruk nipis ini yaitu dengan  memotong jeruk nipis menjadi 2 bagian, olesi dengan kapur sirih, selanjutnya oleskan pada bagian ketiak.

  1. Jerawat

Bagi wanita yang memasuki masa remaja, jerawat adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh mereka.  Berbagai obat atau produk kecantikan menawarkan solusi untuk menghilangkan jerawat, tetapi tidak ada yang dapat menjamin kandungan bahan kimia yang terkandung dalam produk kecantikan tersebut yang berbahaya bagia kesehatan kulit wajah mereka.  Jeruk nipis dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati masalah jerawat ini dengan cara alami.  Cara kerjanya cukup mudah hanya  jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah yang berjerawat.

  1. Melebatkan Rambut

Rambut rontok dan tipis ??  banyak produk shampo yang menawarkan cara untuk mengatasi masalah tersebut.  Nah, ini ada cara alami tanpa efek samping lho.  Campuran air perasaan jeruk nipis dengan kuning telur ayam kampung dapat dijadikan solusinya.  Cara kerjanya; gosokkan campuran tersebut pada kulit kepala, pijit-pijit hingga merata, tunggu hingga 2 jam, lalu bilas dengan shampo merang agar rambut menjadi mengkilat dan lebat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s