Tips Paling Jitu Cara Mencangkok Pohon Mangga

Cangkok merupakan salah satu cara atau metode pengembangbiakan tanaman dengan cara vegetatif dari tubuh tanaman seperti batang tanaman lain untuk memperoleh tanaman yang baru dalam satu pohon. Artikel kali ini akan dibahas cara mencangkok pohon mangga yang mudah untuk dipraktekkan.

cara mencangkok pohon mangga mudah

Mungkin bagi sebagian orang awam banyak yang memahami bahwa kegiatan mencangkok sering disebut juga dengan okulasi yang merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu tumbuhan dengan cara menempelkan sepotong kulit pohon yg bermata tunas dari batang atas pada suatu irisan dari kulit pohon lain dari batang bawah sehingga tumbuh bersatu menjadi tanaman yang baru. Namun, kedua hal ini ternyata sangatlah berbeda.

Sebelumnya harus dikenali terlebih dahulu beberapa jenis mangga yang sering dibudidayakan di Indonesia antara lain yaitu mangga aromanis, mangga golek, mangga manalagi, mangga endog, mangga lalijiwo, mangga madu, mangga kweni dan masih banyak lagi jenis mangga yang lainnya yang memiliki cita rasa serta keunikan tersendiri.

Nah, apa aja sih kelebihan cara mencangkok pohon mangga ini?

Jawabannya adalah dilakukannya cangkok pohon mangga ini karena dengan melakukan cara mencangkok pohon dengan tepat akan memiliki beberapa kelebihan yang didapat antara lain yaitu cara nya yang mudah dan cepat, sederhana, tidak memerlukan banyak tenaga yang terlatih dan menghasilkan tanaman yang diinginkan.

Itu tadi kelebihan dari cara mencangkok pohon mangga. Nah untuk sekarang, adakah kelemahan dari cara mencangkok pohon mangga ini?

kesulitan cara mencangkok pohon manggaPerlu diketahui pula bahwa dibalik kemudahan dan kelebihan yang diperoleh dari pencangkokan batang yaitu terdapat masalah yang sering ditimbulkan pada pengembangbiakan tanaman berkayu dengan cara vegetatif melalui cara atau metode cangkok ini antara lain yaitu sebagai berikut :

  1. Kesulitan dalam memilih batang atau ranting tanaman yang akan digunakan untuk cangkok hingga tanaman tersebut dapat membentuk akar.
  2. Ketergantungan tanaman cangkok pada cadangan makanan dan hormon tumbuhan terutama hormon endogen yang terdapat pada batang hasil cangkokan.
  3. Apabila ingin mempercepat pembentukan akar pada hasil pencangkokan tanaman dapat dilakukan pemberian hormon tumbuhan yaitu berupa hormon eksogen.
  4. Perlu perawatan khusus untuk memperhatikan hasil yang baik.

cara mencangkok pohon mangga simpleBagaimana cara mencangkok pohon mangga yang benar?

Berikut ini akan dijelaskan cara mencangkok pohon mangga yang dapat di aplikasikan dengan mudah yaitu sebagai berikut :

  1. Pilihlah batang pohon mangga yang tidak terlalu muda tetapi tidak terlalu tua juga. Selain itu, pilihlah batang yang memiliki diameter sesuai dengan diameter batang yang akan dilakukan pencangkokan. Setiap ukuran diameter batang tanaman mangga berbeda-beda untuk dapat dilakukan pencangkokan.pilih batang untuk cara mencangkok pohon mangga
  2. Bersihkan batang pohon mangga yang akan dilakukan pencangkokan. Batang pohon mangga tersebut dikupas tipis saja jangan sampai terkena kayu dengan menggunakan silet atau cutter atau pisau atau gunting yang tajam agar membentuk irisan batang menjadi rapi. Irisan batang tersebut jangan sampai mengenai kambium yang terdapat jaringan Phloem atau Plum pohon mangga karena jaringan ini berguna untuk mengangkut unsur hara yang akan diedarkan ke seluruh tubuh.irisan cara mencangkok pohon mangga
  3. Perlu diperhatikan bahwa agar hasil cangkokan pohon mangga dapat maksimal dan berhasil dengan memperkirakan umur batang mangga pada keadaan siap sambung ini bervariasi antara 3-6 bulan.
  4. Kemudian, batang pohon mangga yang telah di cangkok diikat dengan tali plastik bening berisi serat atau serabut kelapa atau bisa juga dengan tanah subur untuk media tumbuh akar. Tujuan pengikatan cangkokan pohon mangga ini untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelembaban udara di sekitar daerah pencangkokan. Pastikan perawatan pada fase ini tetap terjaga dari air yang dapat memperbusuk kondisi batang hasil cangkokan.
  5. Selanjutnya, upayakan tanaman cangkokan ditempatkan dibawah naungan agar terlindung dari panasnya sinar matahari.
  6. Biasanya 2-3 minggu kemudian hasil cangkokan yang berhasil akan tumbuh akar. Cangkokan yang gagal akan berwarna hitam dan kering. Pada saat ini ikatan plastiknya sudah bisa dibuka kemudian.

tips cara mencangkok pohon manggaUntuk selanjutnya, kita tinggal melakukan perawatan hingga bibit hasil pencangkokan siap dipindahkan ke lahan. Cukup mudah dan simple bukan tips cara mencangkok pohon mangga yang telah dijelaskan. Selamat mempraktikkan reader. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat. See you 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s