Manfaat Tersembunyi di Balik Daun Pisang yang Belum Banyak Kita Ketahui

manfaat tersembunyi daun pisang, satuManfaat tersembunyi daun pisang – Daun pisang yang kita ketahui hanyalah daun sebagai pembungkus makanan. Namun ternyata ada beberapa manfaat yang menakjubkan tersembunyi di balik daun pisang ini yang belum banyak kita ketahui, diantaranya yaitu untuk kesehatan tubuh dan kecantikan yang akan saya uraikan di bawah ini!

1. Mengobati luka bakar

Masalah kulit terbakar akibat banyak beraktifitas di bawah terik matahari seperti kulit mengelupas, warna kulit memerah, hingga timbul rasa perih? tidak perlu khawatir,  anda bisa menggunakan masker sari daun pisang.

Bagaimana cara membuatnya? mudah saja, langkah pertama bersihkan daun pisang terlebih dahulu kemudian masukan ke dalam blender dan tambahkan sedikit air. Lalu oleskan masker tersebut pada area kulit yang terbakar dan biarkan sampai mengering, setelah itu bilas dengan air dingin. Agar masalah kulit terbakar tersebut segera tuntas lakukan tips ini secara rutin.

2. Mengobati peradangan dan gatal-gatal

manfaat tersembunyi daun pisang, duaManfaat tersembunyi daun pisang yang lain yaitu dapat dengan mudah mengatasi masalah peradangan pada kulit. Caranya yaitu dengan menghaluskan daun pisang lalu tempelkan pada area kulit yang mengalami peradangan atau gatal-gatal, diamkan beberapa saat, setelah itu basuh dengan air bersih. Agar luka cepat mengering dan segera sembuh lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

Selain untuk peradangan, cara di atas juga sangat cocok diterapkan bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif termasuk pada bayi sebagai obat radang dan iritasi alami. Karena kita tahu bahwa kulit bayi sangatlah sensitif. Sehingga, untuk mengatasinya Anda bisa membuat salep alami yang efektif dari daun pisang ini dengan cara dihaluskan.

manfaat tersembunyi daun pisang, stiga3. Untuk perawatan kulit

Daun pisang ini mengandung allantolin yang sangat berkhasiat untuk kulit yaitu dapat mengantikan sel kulit yang mati atau rusak dengan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Selain itu , allantonil juga merupakan bahan yang efektif untuk membunuh kuman di kulit sehingga dapat meringankan gejala iritasi dan luka ringan.

4. Obat penetralisir racun serangga

Diketahui bahwa daun pisang mengandung zat antioksidan yang tinggi. Jadi, bagi anda yang terkena gigitan atau sengatan serangga seperti semut, nyamuk, laba-laba, lebah, dan sejenisnya. Sebaiknya segera buat ramuan dari daun pisang sebagai obat untuk menetralisir racun-racun tersebut.  Cara membuat ramuannya sama seperti cara-cara di atas. Aplikasikan ramuan tersebut pada luka bekas gigitan serangga tersebut dan diamkan beberapa saat atau hingga mengering.

5. Penghilang demam

Jika Anda yang mengalami demam, cobalah untuk memanfaatkan daun pisang ini dengan menggunakan daun pisang yang masih muda kemudian olesi daun muda tersebut dengan minyak kelapa, lalu tempelkan pada dahi, perut, dan pinggang penderita demam.

6. Sebagai ramuan obat luka dan ketombe

Ternyata selain dapat menyembuhkan luka, daun pisang juga bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit seperti ketombe, sengatan matahari, dan eksim. Nah, untuk membuat ramuan obat dari daun pisang ini, Anda hanya perlu membuat jus dari sari daun pisang segar  ini dan menggunakannya secara bertahap dalam menyembuhkan gangguan kulit tersebut.

Itulah 6 manfaat tersembunyi daun pisang. Cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita demi kesehatan dan keamanan tubuh kita. Semoga bermanfaat 🙂

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s