Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Dijamin Manjur

manfaat ciplukan untuk kesehatan atsManfaat ciplukan untuk kesehatan. Ciplukan merupakan tumbuhan liar yang tumbuh bersama semak lainnya di lahan yang tersinari matahari. Ciplukan  biasanya tumbuh di kebun, sawah, ladang, tepi jalan bahkan di hutan. Ciplukan memiliki  buah berukuran kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga.

 

Buah ini memiliki nama yang berbeda diberbagai daerah. Masyarakat Sunda menyebut ciplukan sebagai cecenet atau cecendet. Sedangkan masyarakat Madura menyebutnya dengan nama nyurnyuran. Dan masyarakat Bali menyebut ciplukan dengan nama kopok-kopokan. Untuk masyarakat jawa mengenal tanaman ini sebagai ciplukan .

 

Sejak jaman dulu ciplukan sering dimakan oleh masyarakat desa, terutama anak-anak yang suka berkelana di kebun. Tanpa mengetahui manfaatnya untuk kesehatan, mereka memakan ciplukan mungkin hanya untuk cemilan. Tapi taukah anda bahwa saat ini telah banyak penelitian yang mengatakan bahwa ciplukan memiliki manfaat untuk kesehatan?.

 

Apa saja manfaat cipuklan untuk kesehatan? Berikut penjelasannya : manfaat ciplukan untuk kesehatan bwh

1.        Mengobati Penyakit Epilepsi

Penyakit ayan dapat dengan mudah ditandai dengan hilangnya kesadaran seseorang yang kemudian diikuti oleh kejang-kejang dan keluarnya buih dari mulut. Penyakit ini dikenal juga dengan sawan babi atau istilah kerennya epilepsi. Bagi orang yang mengidap penyakit ayan, kadang mereka merasa malu ketika sindrom ini menerpa karena tidak diketahui kapan waktunya. Untuk mengatasi hal ini, buah ciplukan dapat digunakan sebagai obat. Tetapi, ada baiknya jika Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terkait dan pengobatan dengan buah ciplukan ini hanya sebagai pendamping dalam percepatan penyembuhan penyakit ayan Anda. Konsumsi 10 butih buah ciplukan secara rutin setiap hari dan rasakan manfaatnya

 

2.        Ciplukan Untuk Mengobati Flu

Flu merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Daun ciplukan dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi flu. Caranya dengan merebus daun ciplukan hingga mendidih kemudian meminum air rebusan tersebut. Selain daunnya, batangnya juga dapat digunakan untuk obat flu dengan cara yang sama.

 

3.        Mengatasi Sariawan

Sariawan dapat diartikan sebagai penyakit pada gusi, mulut bagian dalam, maupun lidah yang ditandai dengan munculnya bintik merah dan putih. Pengidap sariawan biasanya akan mengeluhkan rasa sakit dan perih apalagi ketika digunakan untuk makan dan minum. Belum lagi ditambah dengan munculnya bau mulut akibat aktivitas bakteri di mulut. Kini Anda tidak perlu khawatir karena kandungan vitamin C pada buah ciplukan mampu mencegah dan mengobati sariawan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi 10 butir buah ciplukan setiap hari secara langsung atau dibuat jus.

 

4.        Mengobati Radang Tenggorokan

Selain untuk mengobati flu, ciplukan juga dapat digunakan untuk membantu meringankan radang tenggorokan. Caranya cukup mudah  mengatasi radang tenggorokan dengan ciplukan, anda cukup merebus daun ciplukan dan meminumair rebusan daun ciplukan  tersebut

 

5.        Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah melebihi batas sewajarnya. Hal ini tentu akan berakibat fatal jika terus-terusan dibiarkan. Buatlah ramuan dengan merebus lima butir buah ciplukan pada 100 ml air. Rebus selama 5 menit agar kandungan nutrisinya tidak hilang dan menguap. Saring air rebusan dan minum ketika sudah berubah menjadi sedikit hangat secara rutin dua kali sehari. Anda dapat mengecek perbedaan tekanan darah sebelum dan sesudah mengkonsumsi ramuan ini.

 

6.        Menyembuhkan Vertigo

Vertigo dikenal juga sebagai sakit paru-paru. Ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan paru-paru Anda, hal ini kana berakibat pada kemampuannya sebagai organ pernapasan. Napas Anda tidak akan seoptimal dulu. Untuk itu, Anda harus mengatasinya sedini mungkin sebelum menjadi lebih parah. Kali ini Anda tidak hanya membutuhkan buahnya saja melainkan semua bagian tanaman ciplukan seperti  daun, batang, dan akar. Rebus kesemuanya dalam air secukupnya sampai mendidih. Saring ramun untuk memisahkan ampasnya. Minum ramuan selagi hangat tiga kali dalam sehari secara teratur.

 

7.        Untuk Mengobati Borok

Borok adalah luka terbuka yang ada pada kulit, mata atau membran mukosa. Borok terjadi karena adanya peradangan, infeksi, kanker, diabetes, dl. Untuk mengobati borok, yang perlu nada lakukan yaitu menumbuk beberapa helai daun ciplukan lalu balurkan pada bagian luka borok. Tumbukan daun ciplukan ini akan membantu proses pengeringan sehingga borok dapat sembuh lebih cepat.

 

8.        Mengobati Bisul

Jangan sampai level ketampanan atau kecantikan Anda turun drastis karena munculnya bisul di kulit. Selain menurunkan kepercayaan diri, bisul tentu akan memberikan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Blenderlah beberapa butir buah ciplukan sampai halus. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang berbisul. Biarkan sampai mengering lalu bilas dengan air. Ulangi langkah ini tiga kali sehari sampai bisul sudah benar-benar mengempes.

 

9.        Meluruhkan Air Seni

Air kencing yang ditahan akan beresiko membentuk batu ginjal. Tentu hal pertama yang harus dilakukan sebelum pengobatan adalah memperbaiki kebiasaan Anda. Ketika timbul hasrat untuk buang air kecil, maka bersegeralah ke toilet untuk mengeluarkannya. Namun, jika Anda susah buang air kecil karena sebab tertentu, cobalah untuk membuat ramuan dengan merebus 10 butir buah ciplukan dalam satu gelas air. didihkan hingga air tersisa setengah gelasnya. Minum selagi hangat dan lakukan secara teratur tiga kali sehari

 

10.    Untuk Mengobati Sakit Paru-Paru

Tanaman ciplukan ternyata dapat juga digunakan untuk mengobati sakit paru-paru.  Untuk mengobati sakit paru-paru, anda dapat memanfaatkan seluruh bagian tanaman ciplukan mulai dari akar, batang, daun dan buahnya. Caranya cukup mudah, cukup cabut ciplukan dari tanah, cuci hingga bersih, rebus dengan lima gelasair hingga mendidih kemudian minum air rebusan sevcara rutin tiga kali sehari.

 

11.    Membantu Penetralan Racun

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Tetapi kadang kala karena ketidak hati-hatian, kita memakan makanan yang sudah kadaluarsa ataupun makanan yang sebetulnya tidak boleh dimakan, malah termakan dan masuk ke dalam perut. Akibatnya tubuh akan mengalami keracunan dalam level tertentu. Selain menggunakan susu murni, kini Anda dapat memanfaatkan buah ciplukan untuk mengatasi masalah ini. Makanlah buah ciplukan sebanyak-banyaknya disertai dengan air putih untuk membantu menetralkan racun.

 

12.    Mengobati Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah gangguan pada sistem ekresi yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.

 

Yang dimanfaatkan untuk mengobati diabetes melitus yaitu akar tanaman ciplukan yang sudah tua. Caranya mudah, cabut tanaman ciplukan yang sudah tua, potong bagian akarnya, cuci bersih dan diamkan hingga layu. Setelah itu rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Rebus hingga air menyusut menjadi satu gelas. Saring air rebusan kemudian miinum air rebusan secara rutin. Cukup minum satu kali sehari untuk mengobati diabetes melitus.

 

13.    Memberikan Cadangan Energi

Rasa manis pada buah ciplukan mengindikasikan adanya kandungan gula di dalamnya. Hal ini tentu akan bagus untuk menopang aktivitas Anda sehari-hari, apalagi Anda adalah seorang yang pekerja keras. Kandungan gula dalam ciplukan mampu memberi energi pada tubuh Anda. Rajinlah mengkonsumsi buah ciplukan yang sudah matang setiap hari

 

Semoga bermanfaat….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s