Kastuba (Euphorbia pulcherrima) Bunga Daun Cantik

Kastuba (Euphorbia pulcherrima) atsKastuba (Euphorbia pulcherrima) merupakan tanaman yang dimanfaatkan daunnya sebagai tanaman hias. Sebenarnya kastuba juga memiliki bunga yang terletak di tengah rumpun daun. Namun bunga dari tanaman kastuba ini tidak begitu terlihat karena kalah dengan warna daunnya yang lebih cerah.

 

Warna daun yang lebih cerah inilah yang menyebabkan kastuba sangat cantik sebagai tanaman hias.  Seringkali sebagian orang beranggapan  bahwa warna merah yang menghiasi tanaman kastuba dianggap sebagai bunga, padahal warna cantik yang menghiasi tanaman hias tersebut adalah daun

 

Kastuba (Euphorbia pulcherrima)Kastuba di kenal juga dengan nama poinsettia. Kastuba merupakan tanaman subtropis yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah. Di negara beriklim sejuk, kastuba digunakan sebagai tanaman hias pengganti bunga yang sulit didapat di musim dingin. Tetapi bunga ini tidak dapat bertahan dengan cuaca dingin di bawah 10 °C dan tidak sesuai untuk ditanam di luar ruangan. Sehingga diluar habitatnya bunga ini dibudidayakan di dalam rumah kaca.

 

Kastuba merupakan tanaman perdu dengan tinggi 60 cm hingga 4 meter. Daun berbentuk oval, berwarna hijau tua, dengan panjang sekitar 7–16 cm. Bunga yang disebut cyathia bergerombol di ujung batang tersusun dalam rangkaian dan tidak mempunyai daun mahkota, tetapi di bawahnya terdapat daun bagian atas (disebut braktea) yang berwarna merah tua, merah jambu, krem dan putih. Daun tanaman bagian atas yang berwarna menarik inilah yang sering disangka sebagai bunga.

 

Sebenarnya terdapat lebih dari 100 varietas kastuba. Seperti varietas dengan daun berwarna oranye, hijau muda, dan campuran warna krem dan merah menyala. Namun varietas tersebut kurang populer dan kurang diminati.

 

Kastuba bisa diperbanyak dengan stek, potongan cabang yang tua direndam di dalam wadah berisi air sebelum ditancapkan ke dalam media tanam yang terdiri dari campuran tanah dan pasir. Sebelum dimasukkan ke wadah berisi air, getah yang ada pada batang harus dilap lebih dulu.

 

Meskipun digolongkan sebagai jenis tanaman hias daun. Tidak ada salahnya kan jika kita menggunakan istilah bunga pada tanaman hias ini. soalnya kecantikannya menyamai sesosok bunga yang sedang mekar.

 

Semoga bermanfaat….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s