Bunga Bawang Kothong si Tulip Jawa

bunga bawang kothok atsBunga Bawang Kothong! Tidak hanya negeri Belanda yang memilki bunga tulip, Indonesia pun memiliki bunga yang di sebut bunga tulip. Walaupun tak seperti tulip di Belanda, tulip indonesiapun tak kalah cantik dan menarik.  Ya. Tulip di Indonesia adalah tulip jawa atau bunga bawang kothong.

 

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa nama bunga ini adalah bunga bawang kothong. Sebagian besar orang menyebut bunga ini dengan nama bunga oktober atau bunga kemarau.  Karena bunga ini akan berbunga pada bulan oktober atau pada musim kemarau.

 

Akar bunga bawang kothong tidakberbeda dengan akar tanaman lain yang berada di dalam tanah. Akar bunga bawang kothong berbentuk umbi dimana umbi ini menyerupai bentuk bawang, sehingga tak heran jika bungan ini disebut bunga bawang.

 

bunga bawang kothong bwhPada umbi tersebut tumbuh batang semu. Batang semu ini sebagai tempat menempelnya daun-daun. Daun bunga bawang kotong merupakan jenis daun sejajar atau Rectinervis. Dalam satu umbi dapat tumbuh daun sebanyak 5-10 daun. Warna daun bunga kothong umumnya berwarna hijau, namun bunga yang sudah layu atau dalam kondisi tertentu biasanya berwarna kuning kemerahan.

 

Pada tengah-tengah rumpun daun akan muncul tangkai atau batang bunga. Batang bunga ini yang akan menjadi tempat tumbuhnya bunga. Dalam satu umbi biasanya hanya ada satu batang bunga. Tetapi dalam satu batang bunga ini akan muncul 3-4 kuncup bunga yang akan mekar menjadi bunga yang indah.

 

Kelopak bunga bawang kothong berwarna kuning kemerahan atau kuning tua atau orange. Dalam satu bunga terdapat 5-6 kelopak bunga. Kelopak ini berbentuk lancip pada ujungnya. Pada bagian tengah bunga terdapat perpaduan warna hijau dan putih yang mempercantik tampilan bunga bawang kothong ini.

 

Seperti bunga pada umumnya, bunga pada bunga bawang kothong ini memiliki serbuk sari. Serbuk sari di topang oleh tangkai sari yang terletak di tengah-tengah bunga. Jumlah tangkai sari dapat mencapai 4-7 tangkai. Jika pada tanaman buah biasanya kita menemukan bunga yang memiliki serbuk sari sekaligus putik karena sebagai bakal buah. Tapi belum diketahui pasti apa fungsi serbuk sari pada bunga ini. Apakah hanya untuk mempercantik bunga atau ada kegunaan untuk biologis bunga itu sendiri.

 

Bunga bawang kothong memang jarang berbunga, bunga ini hanya berbunga pada musim tertentu seperti musim kemarau atau selama bulan oktober. Tapi sekalinya ia berbunga, akan kompak berbunga semua dalam rupun yang ada. Kekompakan berbunga ini yang menyebabkan kecantikannya lebih sempurna sebagai tanaman hias.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s