Keistimewaan Bunga Air Mata Pengantin

Bunga air mata pengantinBunga air mata pengantin merupakan tumbuhan memanjat yang berasal dari Amerika tengah dan Meksiko. Dengan dua atau tiga jenis bunga air mata pengantin, tanaman hias ini sebagai penghias taman yang populer dikalangan masyarakat.

Saat masa kolonial Belanda, bunga air mata pengantin ini dijadikan sebagai tanaman penghias taman dan pekarangan rumah. Pertumbuhan tanaman hias ini tergolong cepat tumbuh dan menjadi gulma yang cantik.

Bunga air mata pengantin dilihat dari bentuknya yang mungil bak air mata menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman hias ini.  Tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias di luar ruangan seperti halaman rumah agar lebih terlihat indah.

Bunga air mata pengantinTanaman hias ini juga banyak dijumpai di Indonesia.  Karakteristik dari bunga air mata pengantin ini yaitu, mulai dari batang tanaman yang berusuk yang berfungsi untuk membelit pohon yang dirambati untuk mendukung tegaknya tanaman tersebut.

Daun tanaman hias ini berbentuk seperti jantung yang berwarna hijau, dengan permukaan daun yang bergelombang.

Bunga air mata pengantin juga memiliki buah seperti selaput dengan warna kehijauan. Dengan ukuran buah yang berkisar 1 cm, dan berbentuk kerucut

Pada umumnya tanaman bunga air mata pengantin ini merambat pada pepohonan yang lain.

Selain itu keistimewaan bunga air mata pengantin ini juga dapat di kembangkan sebagai tanaman hias di pekarangan maupun di taman rumah, untuk bungany dapat dirambatkan pada pagar maupun media rambat lainnya.

Bunga air mata pengantinTanaman hias berbunga ini pernah menjadi tanaman favorit untuk dirambatkan pada saung-saung atau trowongan pejalan kaki sehingga sekaligus berfungsi sebagai peneduh.

Bunga air mata pengantin ini sangat mudah didapatkan karena cara penanamannya yang mudah sehingga tidak sulit untuk menemukan tanaman hias ini, biasanya bunga ini banyak di tanam di halaman rumah mungkin anda sudah sering menjumpai bunga ini.

Keistimewaan bunga air mata pengantin ini juga terbukti pada khasiatnya sebagai antidiabetes dan antitrombin. Selain itu juga memiliki kemampuan sebagai hepatoprotektif yang dapat melindungi kerusakan hati. Cara pemanfaatannya adalah dengan meng-ekstrak akar dan rimpang air mata pengantin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s