Perawatan Bunga Asoka

Bunga asoka merupakan bunga yang dianggap suci oleh agama Hindu. Daun dari bunga ini berwarna hiau dengan bentuk bulat namun meruncing di ujung-ujung. Warna bunganya ada yang putih dan ada yang merah.

bunga asoka sebagai pagar hidupBunga asoka ini sering juga disebut sebagai bunga jarum. Menagapa demikian? Hal ini karena bunga yang belum mekar seperti menyerupai jarum yang runcing dan kecil.

 

 

Bunga asoka sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah sekaligus sebagai tanaman pagar hidup di rumah. Meskipun tidak memiliki aroma harum, akan tetapi bunga ini banyak mengandung nektar sehingga dapat mengundang banyak kupu-kupu untuk hinggap di atasnya.

Warna bunga ini dapat menarik perhatian kupu-kupu yang cantik dan lebah yang akan membantu bunga ini melakukan penyerbukan.

Bagaimana cara merawat bunga asoka? Apa yang harus dilakukan?

Menanam bunga asoka sebenarnya cukup mudah. Bunga asoka yang memiliki batang kayu yang lumayan keras dapat dilakukan teknik stek atau cangkok dalam pembibitannya. Setelah dilakukan pembibitan dan penanaman, maka tahap yang paling penting yaitu perawatan.

bunga asoka cantikPerawatan bunga asoka cukup mudah untuk dijalankan. Untuk perawatan bunga asoka ini cukup dipupuk sekali selama 3 bulan. Pada pertumbuhan awal cukup dilakukan penyiraman setiap pagi. Sedangkan ketika sudah mulai berbunga maka sudah mulai bisa diberikan pupuk sebulan sekali, hal ini bertujuan untuk menjaga ketersediaan unsur hara pada media tanam.

Selain hal yang telah dijelaskan di atas, diperlukan suatu perawatan tambahan seperti membersihkan tanaman gulma yang tumbuh sekitar tanaman. Penyiangan dan perampalan pada bagian batang tanaman yang mulai mengering. Kemudian, penyiraman bunga juga perlu dilakukan untuk membuat asoka tetap segar dan membantu tanaman ini untuk melakukan proses fotosintesis.

bunga asoka atau bunga jarumSaat akan menyiram bunga, sebaiknya gunakanlah air yang bersih yang tidak terkontaminasi dengan zat kimia apapun supaya bunga asoka ini dapat tumbuh secara optimal.

Seperti hal nya tanaman hias dengan batang kayu lainnya, asoka memerlukan pemangkasan pada batang-batang bunganya.

Waktu untuk melakukan pemangkasan pada batang-batang asoka yaitu pada saat asoka baru saja disiram dan diberi pupuk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s