Manfaat Daun Marigold! Segudang Manfaat Luar Biasa

Manfaat Daun Marigold atasManfaat Daun Marigold! Marigold merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Marigold merupakan tanaman yang dimanfaatkan bagian bunganya sebagai tanaman hias. Selain bunganya, sebenarnya daun marigold dengan  juga sering digunakan oleh masyarakat indonesia sebagai sayur (lalapan).

 

Daun Marigold yang digunakan sebagai sayur adalah marigold yang memiliki bunga berwarna ungu. Sedangkan marigold yang memiliki bunga berwarna orange atau kuning dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Marigold di Indonesia lebih akrab dengan sebutan kenikir. Pada beberapa tempat, marigold juga disebut sebagai bunga tahi ayam dikarenakan mengeluarkan aroma yang tak begitu sedap.

 

Marigold mengandung zat luar bisa yang dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Zat-zat ini terkandung di dalam daun marigold. Zat-zattersebut yaitu : Tokoferol, Polifenol, Hidroksieugenol, Flavonoid, Saponin, Terpenoid, Mineral, Kalsium, Magnesium, Kuersetin, Koniferil alkohol, protein, lemak dan karbohidrat serta kaya dengan vitamin A. Manfaat Daun Marigold bawah

Berikut ini uraian tentang Manfaat Daun Marigold

 

1. Obat Maag dan lemah lambung

Daun marigold memiliki kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga dapat menguatkan otot sphingter lambung, yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang. Untuk mengkonsumsi daun marigold dapat merebusnya dengan menambahkan garam kemudian memakannya dalam bentuk lalapan.

 

2. Menyehatkan mata

Kamu bisa memiliki mata yang sehat dan mencegah timbunya beberapa penyakit mata hanya dengan mengkonsumsi daun yang memiliki kandungan di dalamnya ini. Setidaknya 1 kali dalam sehari saja sudah cukup meningkatkan daya penglihatan kamu.

 

3. Obat Lemah Jantung

Daun marigold mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika di area jantung, senyawa flavonoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Anda dapat merebus 5 lembar daun marigold dengan 250ml air, kemudian meminum air rebusannya 2 kali sehari.

 

4. Menambah stamina

Jika kamu terlalu lelah karena pekerjaan atau hal lainnya, minum air rebusan daun marigold bisa membangkitkan stamina kamu kembali. Jadi kamu tidak perlu minum minuman suplemen yang justru memiliki efek samping yang cukup bahaya. Jadi kamu bisa menggantikannya hanya dengan minum air rebusan dari daun marigold saja.

 

5. Obat Kanker

Daun marigold dengan kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati. Untuk menanggulangi penyakit kanker dapat mengkonsumsi rebusan daun marigold sesering mungkin, namun tetap mengkonsumsi manfaat air putih yang berfungsi untuk pelarut zat agar mudah terbawa oleh darah.

 

6. Meningkatkan daya ingat

Mungkin bagia orang yang sudah lanjut usia daun kenikir ini sangat cocok sekali bagi mereka. Karena ketika orang berada di usia tua sangat besar kemungkinan untuk menjadi pelupa atau pikun. Karena dengan mengkonsumsi daun marigold akan memperbaiki sel-sel pada otak yang sudah melemah.

 

7. Obat Cuci Darah

Daun marigold memiliki kandungan manfaat vitamin E, antioksidan, dan flavonoid yang dapat menetralkan racun yang terbawa darah. Jika dikonsumsi teratur akan membersihkan darah dari racun yang tidak sengaja masuk dalam tubuh.

 

8. Mengobati payudara bengkak

Pembengkakan yang terjadi payudara bisa disebabkan berbagai macam hal. Misal ketika dalam masa menstruasi atau bisa juga ketika wanita tersebut sedang menyusui. Kamu bisa mengoleskan daun marigold yang sudah ditumbuk dan lembut ke bagian payudara kamu yang bengkak. Atau bisa juga dengan meminum air rebusannya setiap pagi atau malam hari menjelang tidur.

 

9. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Daun marigold mengandung manfaat vitamin A dan E yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Kandungan senyawa protein dalam marigold juga membantu pembentukan fagosit untuk imun tubuh. Selain itu, manfaat vitamin C juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh, seperti yang terdapat dalam manfaat buah-buahan.

 

10. Mencegah penuaan dini

Semakin menuanya kulit atau terjadinya penuaan dini pada kulit tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja. Bisa disebabkan dai gaya hidup atau tidak pernah melakukan perawatan pada kulit, jadi kulit itu sendiri tidak diberkan nutrisi yang cukup. Kamu bisa secara rutin mengkonsumsi daun marigold atau bisa juga membuatnya menjadi masker atau lulur untuk kulit tubuh dan juga kulit wajah kamu.

 

11. Anti radikal bebas

Radikal bebas yang biasanya dihasilkan dari polusi udara bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti penyakit kulit hingga kanker, bisa dicegah jika kita mau mengkonsumsi daun marigold baik dibuat seperti minuman atau kita konsumsi secara langsung sebagai lalapan.

 

12. Penambah Nafsu Makan

Daun marigold dapat berfungsi sebagai obat penambah nafsu makan, karena kenikir memiliki kandungan senyawa kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak. Daun marigold dapat diolah sebagai makanan lalapan yang dikonsumsi 3 kali dalam seminggu. Kenikir juga baik digunakan untuk menambah nafsu makan seseorang setelah operasi tertentu, untuk mengembalikan stamina tubuhnya.

 

13. Mengatasi Bau Mulut

Daun marigold memiliki kandungan koniferil alkohol yang berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa dalam makanan. Senyawa tersebut akan membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut. Untuk mendapatkan hasil maksimal untuk membunuh kuman, dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah setelah dicuci bersih, kemudian dikunyah selama 20-30 detik, lalu berkumur. Jika tidak, dapat mengkonsumsinya setelah direbus dengan air garam, setidaknya 2 kali sehari.

 

Demikian Manfaat Daun Marigold yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s