Mitos dan Manfaat Bunga Anggrek Cantik (Orchidaceae)

Tahukah Anda bahwa manfaat bunga anggrek dapat dijadikan sebagai tanaman obat? Ternyata tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja, bunga anggrek (Orchidaceae) juga mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

manfaat bunga anggrek untuk tubuhDahulu kala, terdapat mitos yang tersebar di masyarakat bahwa jika seseorang menanam bunga anggrek muda maka seseorang tersebut akan memiliki anak laki-laki. Namun sebaliknya, jika seseorang menanam bunga anggrek tua maka sesorang tersebut akan memiliki anak perempuan.

 

Bunga anggrek merupakan salah satu jenis tumbuhan yang hidup pada tanaman lain. Tetapi bunga anggrek bukan termasuk ke dalam tanaman parasit. Karena tanaman ini mampu hidup secara mandiri dan memiliki keindahan atau keunikan tersendiri yang ada pada bunga anggrek.

manfaat bunga anggrek untuk kesehatan

Bunga anggrek ini dapat bertahan hidup dari embun dan lingkungan udara yang lembab, organ-organ yang tebal yang dimiliki oleh bunga ini dan bersifat sekulen menyebabkan bunga ini dapat bertahan hidup terhadap tekanan dari ketersediaan air.

Bunga anggrek ini merupakan bunga yang tidak mengambil sari makanan dari inangnya, akan tetapi bunga anggrek akan sangat mengganggu keseimbangan tanaman inang. Hal ini disebabkan oleh akar bunga anggrek yang dapat merusak jaringan kulit tanaman inang.

manfaat bunga anggrek bagi tubuhMasyarakat Indonesia sering menjuluki bunga anggrek ini sebagai simbol cinta, kemewahan, maupun keindahan. Bunga anggrek di Indonesia sendiri memiliki aneka ragam jenis dan bentuk bedasarkan warna bunganya yang sangat menarik dan cantik.

Apa saja manfaat bunga anggrek yang perlu diketahui? Mari kita ulas bersama-sama

Manfaat bunga anggrek ternyata sangatlah beragam yaitu antara lain dapat digunakan sebagai obat penenang, pengharum ruangan, menghentikan pendarahan, dan masih banyak lagi lainnya.

beragam manfaat bunga anggrek Manfaat bunga anggrek bagi manusia pada umumnya hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias atau hanya dimanfaatkan keindahan bunganya saja. Namun disisi lain, dari berbagai negara telah menggunakan bunga anggrek menjadi produk kesehatan berupa obat herbal dan produk kecantikan.

 

Jenis anggrek yang biasa digunakan sebagai obat herbal yaitu jenis anggrek dendrobium.yang diolah menjadi ramuan teh atau tonik. Ramuan dari bunga anggrek ini dapat mengobati berbagai penyakit antara lain sebagai berikut : anoreksia, TBC, dispepsia, arthalgia, impotensi, perut kembung, sakit pinggang, nyeri otot, infeksi dan demam. Selain itu, ramuan bunga anggrek juga bisa dimanfaatkan sebagai zat yang dapat meningkatkan stamina dan menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan ginjal, paru-paru, dan perut.

indahnya manfaat bunga anggrek Nah itulah beberapa manfaat bunga anggrek bagi manusia. Tentunya beberapa manfaat dari bunga anggrek ini sudah kita rasakan, namun dengan adanya artikel ini semoga menambah wawasan kita mengenai berbagai manfaat tersembunyi dari bunga anggrek yang belum banyak kita ketahui.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s