Kandungan Manfaat Tanaman Genjer (Limnocharis flava)

Tanaman genjer mudah ditemukan terutama di daerah rawa dan di sawah atau perairan dangkal. Genjer atau orang sering menyebutnya paku rawan (Limnocharis flava) merupakan sejenis tumbuhan yang biasanya ditemukan bersama-sama dengan eceng gondok atau bahkan di anggap sebagai gulma yang dapat mengganggu tanaman padi para petani.

tanaman genjer untuk tubuhKalian tau gak sih? Ternyata tanaman genjer ini memiliki banyak manfaat loh. Apa saja manfaatnya? Check this out

Jika Anda lebih peduli dengan kesehatan, solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengonsumsi genjer. Pada umumnya, genjer mudah tumbuh liar di lahan yang cukup air seperti sawah sehingga tidak perlu khawatir akan terkena efek buruk dari pestisida kimiawi yang biasa terdapat pada sayuran lain.

Tanaman genjer ini hanya dapat tumbuh di tanah yang subur dan lembab. Jadi tidak ada yang perlu dicemaskan terhadap limbah kimiawi saat genjer di konsumsi.

Tanaman genjer sering diolah jadi santapan lezat sebagai sayuran dikala makan seperti lalapan, tumis, maupun campuran pecel. Tanaman genjer ini merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga tanaman ini memiliki manfaat yang cukup penting untuk memenuhi kebutuhan serat badan alami dalam sehari.

Serat yang terkandung dalam sayuran genjer ini juga memiliki fungsi sebagai pelancar pencernaan, pencegah sembelit, mengikat lemak dalam badan, menopang proses pencernaan makanan, meningkatkan metabolisme badan, dan menstabilkan kadar gula dalam darah.

khasiat tanaman genjer Berikut merupakan manfaat tanaman genjer untuk kesehatan tubuh dilihat dari kandungan alami yang yang terdapat pada tanaman ini. Kandungan gizi yang terdapat pada sayur genjer ini tak kalah pentingnya dengan kandungan gizi dari sayuran hijau yang lain.

Tanaman genjer mempunyai beragam kandungan gizi yg tidak sedikit dan bervariasi yang dapat memberikan asupan nutrisi yg sehat bagi tubuh manusia seperti protein, lemak, kalsium, karbohidrat, vit B1, dan zat besi.

tanaman genjer untuk kesehatanSelain itu, sayur genjer juga mempunyai kandungan polifenol yg mampu berperan sebagai antioksidan, sehingga manfaat sayur genjer dapat mencegah terkena serangan penyakit jantung dan kanker.

 

Dengan mengetahui kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam tanaman genjer ini yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti untuk menambah energi pada tubuh dan meremajakan sel-sel mati dalam tubuh, maka tidak ada alasan lagi jika kita tidak menyukai sayuran yang satu ini. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s