Hama Tanaman Anthurium

hama tanaman anthuriumHama tanaman Anthurium adalah masalah serius yang dihadapi oleh para pedagang dan petani Anthurium.  Tanaman Anthurium sendiri jenis tanamaan yang tahan terserang hama tanaman.

Walupun demikian, jika tanaman Anthurium sudah terserang hama, maka harus segera dilakukan pengendalian agar hama tanaman tidak menyebar ke tanaman yang lain.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan  tanaman Anthurium terserang seperti, sanitasi lingkungan kurang terjaga, kondisi media tanam tidak baik, perawatan dan pemeliharaan tanaman hias ini tidak maksimal.

Beberapa hama berikut harus diwaspadai serta cara mengatasinya;

1.   Kutu Putih

hama tanaman anthurium

Menyerang bagian daun, batang, dan akar tanaman.  Akibatnya timbul bintik-bintik putih halus di permukaan daun tanaman ini.

Cara mengatasi hama kut putih ini dengan mengoleskan atau menyemprotkan insektisida pada bagian tanaman yang terserang hama ini.  Apabila serangan hama cukup parah maka penyemprotan dilakukan ke seluruh permukaan daun tanaman.

2. Tangkai rebah atau jatuh

Kondisi ini sangat sering terjadi pada jenis Anthurium berdaun panjang.  Apabila tanaman Anthurium mengalami tangkai jatuh atau rebah hingga menyentuh media tanam, maka akan menyebabkan tanaman mudah terserang bakteri atau jamur yang akan mengakibatkan daun menjadi busuk.  Cara mengatasinya yaitu dengan menyanggah bagian batang atau tangkai yang terlihat akan rebah menggunakan potongan kayu atau bambu.

3.  Hama Aphid

Hama tanaman ini menyerang bagian daun dan bunga Anthurium.  Cara kerja hama ini dengan menghisap cairan daun.  Akibatnya daun tumbuh tidak sempurna, kriting, kering dan menghitam.  Penyebaran hama ini sangat cepat, sehingga perlu penanganan yang tepat dan cepat juga.  Cara mengatasinya dengan menyemprotkan insektisida ke bagian tanaman yang terserang.

4.  Nematoda

hama tanaman anthuriumHama tanaman ini menyerang bagian daun, batang dan bunga tanamaan.  Pada umumnya hama ini menyerang tanaman yang pada media tanmnya diberikan pupuk kandang.

Akibat serangan hama ini daun menguning dan bunga yang masih muda berguguran.   Cara mengatasinya ptong bagian yang terserang dan gunakan media tanam yang bersih dan bahan organik yang sudah matang.  Hal ini cukup efektif untuk mengatasi hama tanaman Anthurium ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s