Tips And Trik Budidaya Jambu Kristal Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Tips And Trik Budidaya Jambu Kristal satuTips and trik budidaya jambu kristal! Jambu kristal saat ini merupakan buah yang masih digandrungi oleh masyarakat. Jambu kristal yang merupakan keluarga dari Myrtaceae dapat tumbuh di tanah secara langsung maupun dalam pot. Saat ini banyak masyarakat yang masih menggemari tabulapot atau tanaman buah dalam pot, sehingga jambu kristal tak lepas dari sasaran mereka untuk dijadikan sebagai tabulapot.

 

Jambu kristal Merupakan mutasi dari residu Muangthai Pak, ditemukan pada tahun 1991 di District Kao Shiung-Taiwan. Jambu Kristal diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1991 oleh Misi Teknik Taiwan. Jambu Kristal sebetulnya tidak benar–benar tanpa biji tetapi jumlah bijinya kurang dari 3 persen bagian buah.

 

Selain jumlah bijinya nyaris nol, rasa buahnya pun manis, tekstur buahnya lembut tetapi renyah. Sebelum Jambu Kristal diperkenalkan di Indonesia sudah terlebih dahulu ditemukan jenis jambu tanpa biji lainnya yaitu jambu sukun.

 

Untuk memiliki tanaman jambu kristal yang cepat berbuah dan buahnya mengagumkan, anda harus melakukan budidaya jambu dengan baik pula. Mulai dari jenis tanah, jenis tanah yang tepat yaitu jenis tanah berpasir, gembur dan mengandung bayak bahan organik. Walaupun tanah yang ideal untuk budidaya jambu kristal seperti itu, namun jambu kristal masih dapat tumbuh dengan baik pada tanah liat .

 

Tips And Trik Budidaya Jambu Kristal duepH yang baik untuk tumbuhnya jambu kristal yaitu berkisar antara 4—8 dan kedalaman air dalam tanah yang baik yaitu sekitar 50—200cm. Unutk penanaman tanpa pot, agar hasilnya maksimal maka jarak tanam antar jambu yang baik yaitu 3×4 m2. Agar jambu kristal anda berbuah sepanjang tahun, maka saat musim kering anda harus selalu menyiramnya dan secara rutin memangkas daunnya untuk memicu agar pucuk daun dapat bereproduksi sepanjang tahun.

 

selain perlakuan terhadap pohon jambu kristal, dilakukan juga pemupukan untuk meningkatkan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan jambu kristal. Hal perlu dilakukan yaitu, memberikan pupuk dasar setelah panen dan menambahkan pupuk daun dalam dosis kecil dengan kandungan 1,6% N, 1,4% K, 0,26% P, 0,3% Mg, dan 1,25% Ca. Untuk pohon muda yang nampak subur, cabang utama bisa anda bengkokkan ke bawah lalu dipangkas untuk merangsang tunas lateral agar segera bersemi.

 

Selain hal-hal di atas, untuk mendukung keberhasilan bididaya jambu kristal maka dibutuhkan sinar matahari yang cukup. Agar tanaman jambu kristal dapat tumbuh dan berbuah dengan baik maka jambu kristal harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.

 

Semoga bermanfaat….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s