Tanaman Kuping Gajah, Si Anthurium Andreanum Liden

 

tanaman kuping gajahTanaman Kuping Gajah (Anthurium Andreanum Liden) merupakan tanaman hias dengan ciri khas bentuknya seperti kuping gajah.  Tanaman ini juga mudah ditemukan di teras rumah-rumah sebagai tanaman hias baik di luar maupun dalam ruangan.

Budidaya tanaman kuping gajah terbilang cukup mudah dilakukan.  Tanaman kuping gajah untuk menanamnya hanya memerlukan air yang cukup.  Tanaman ini memerlukan kelembaban yang tinggi untuk hidup dengan sinar matahari yang cukup.

 

Tanaman kuping Gajah (Anthurium Andreanum Liden ) memiliki klasifikasi sebagai berikut;

tanaman kuping gajah

Kingdom                     :  Plantae

Subkingdom                :  Tracheobionta

Divisi                          :  Magnoliophyta

Kelas                           :  Liliopsida

Sub Kelas                   :  Arecidae

Ordo                           :  Arales

Famili                          :  Araceae

Genus                         :  Anthurium

Spesies                        :  Anthurium andreanum

Selain sebagai tanaman hias,  tanaman kuping gajah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan manusia.  Berikut beberapa manfaat dari tanaman ini;

a.   Obat bengkak pada tenggorokan

 

Seringkali banyak orang mengalami peradangan tenggorokan yang diakibatkan oleh kuman atau bakteri.  Pada saat mengalami bengkak pada tenggorokan tentunya akan merasa sakit apabila digunakan menelan makanan atau minuman.

b.  Mengobati diabetes

Penyakit yang banyak ditakuti oleh banyak orang yaitu diabetes.  Bagian tanaman kuping gajah yang bermanfaat adalah akarnya.  Akar tanaman kuping gajah mempunyai manfaat yang sangat baik untuk mengobati diabetes.  akar dari tanaman ini dapat mengontrol kadar gula darah.

c.  Sebagai tanaman hias

Sebagai tanaman hias adalah salah satu manfaat yang paling sering dirasakan oleh masyarakat.  Tanaman kuping gajah memiliki ciri khas bentuk daun yang lebar dan juga unik.  Selain itu, tanaman ini sangat tepat untuk menambah koleksi tanaman di pekarangan rumah anda.

d.  Pengisi waktu luang

Bagi anda yang bingung dalam mengisi waktu luang.  Tanaman ini seringkali digunakan untuk mengisi waktu luang para penggemar tanaman hias.  Hal ini dilihat dari hobi mereka terkait tanaman hias.

e.  Mengobati batu ginjal

Selain dapat mengobati diabetes, akar tanaman kuping gajah dapat digunakan sebagai obat untuk gangguan ginjal.  Gangguan ginjal dapat berupa tidak optimalnya kinerja ginjal, dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal dan batu ginjal yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s