Tanaman Anthurium Keris

tanaman anthurium kerisTanaman Anthurium keris memiliki daya tarik yang berbeda dengan jenis tanaman anthurium yang lain.  Tanaman anthurium keris memiliki keunikan baik dari bentuk daun, tulang daun, dan warna daun.  Keunikan itulah yang membuat tanaman anthurium keris ini menjadi populer.

Tanaman Anthurium keris ini memang sangat menarik dan masih berkerabat dengan berbagai jenis tanaman hias populer lainnya sepert,i aglaonema, philodendron,keladi hias, dan alokasia.

Anthurium adalah tanaman hias yang cocok di tanaman di daerah tropis, tanaman ini memiliki daya tarik tinggi sebagai penghias ruangan, karakteristik dari tanaman ini adalah bentuk daunnya yang unik.  Anthurium yang berdaun indah adalah salah satu tanaman asli Indonesia, sedangkan yang untuk bunga potong berasal dari Eropa. 

tanaman anthurium kerisDi indonesia terdapat 7 jenis Anthurium, yaitu Anthurium cyrstalinum (kuping gajah), Anthurium pedatoradiatum (wali songo), Anthurium andreanum, Anthurium rafidooa, Anthurium hibridum (lidah gajah), Anthurium makrolobum dan Anthurium scherzerianum.

Budidaya tanaman Anthurium keris ini tidak jauh berbeda dengan jenis Anthurium yang lain.  Pada umumnya Anthurium dapat diperbamyak dengan dua cara yaitu;

  1. Generatif (biji)

 

Cara ini dapat dipraktekan dengan cara menyilagkan bunga jantan dan bunga betina.  Dalam waktu sekitar 2 bulan bunga yang dihasilkan sudah masak dan terdapat biji anthurium di dalamnya.  Selanjutnya, biji dikupas, dicuci sakpai bersih dan diangin-anginkan, kemudian ditaburkan pada medium tanah halus.  Usahakan kondisi tanah lemba dan rutin disiram.

 

  1. Vegetatif (stek)

Cara vegetatif dapat dilakukan dnegan dua cara, yaitu cara stek batang dan cara stek mata tunas.

tanaman anthurium kerisPada umumnya tanaman Athurium keris tidak tahan sinar matahari, sebaiknya letakan tanaman ini di tempat yang teduh.

Untuk pemeliharaan tanaman Anthurium keris cukup mudah yaitu, dengan cara disirang 1-2 kali sehari untuk menjaga kelembaban tanah.  Sehingga tanaman Anthurium keris dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Tanaman Anthurium keris baru akan muncul daun setelah 2 sampai 3 bulan setelah ditanam. Bagi para pecinta tanaman Anthurium keris, biarpun perkembangannya lama, tetapi sebanding dengan keindahan yang dihasilkan tanaman hias daun ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s