Mengenal Tanaman Hias : Kembang Telang (Clitoria ternatea)

Mengenal tanaman Kembang Telang – Tanaman hias memang selalu berkembang, bagaimana tidak? Selain indah dipandang, beberapa tanaman hias juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu tanaman hias yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita yaitu tanaman hias Kembang Telang.

menggali tanaman kembang telang , biruMengenal Karakteristik Kembang Telang

Tanaman hias kembang telang (Clitoria ternatea) merupakan tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika (wikipedia).

Kembang telang merupakan jenis tanaman merambat dengan bentuk batang bulat, jumlah anak daun 3-5 buah, dan bentuk daunnya majemuk. Kembang telang ini mulai berbunga pada 8-9 minggu setelah tanam dan pembungaan terjadi sepanjang tahun, selama kebutuhan air mencukupi. Bunganya berupa bunga tunggal, yang terbentuk pada ketiak daun, dengan warna mahkotanya biru keunguan, ungu muda, atau putih dengan bagian tengah berwarna agak lebih pudar.

menggali tanaman kembang telang ,duaKembang Telang  ini biasa kita jumpai di pekarangan rumah sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang. Bunganya sudah dimanfaatkan di berbagai tempat Asia Tenggara sebagai pewarna makanan atau kue sedangkan di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya digunakan untuk mewarnai ketan dan di Thailand sendiri dimanfaatkan untuk minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya yang diberi nama nam dok anchan.

Pemanfaatan bunga kembang telang sebagai pewarna alami, bahannya aman dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh. UNtuk mendapatkan warna tersebut maka tanaman ini perlu difermentasi, direbus atau direndam. Kenalkan, tanaman pewarna alam, Kembang Telang atau bernama latin Clitoria Ternatea.

mengenal tanaman kembang telang,tigaPemanfaatan kembang telang sebagai pewarna alami, memiliki kekurangan yaitu warnanya tidak stabil, mudah pudar dan kurang cerah sehingga untuk proses pewarnaan jumlah bahan yang dibutuhkan relatif banyak. Selain sebagai bahan pewarna alami, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, tanaman obat dan sayuran.

Untuk pemanfaatan sebagai tanaman obat secara tradisional yang biasa dimanfaatkan yaitu dedaunan untuk obat memar, bunganya untuk obat mata, sakit telinga, akar tanamannya bersifat purgative, narkotik dan dapat menyebabkan kehilangan ingatan, bahkan pingsan. Sedangkan di Filipina polong muda biasa dimanfatkan sebagai sayuran.

Bentuk bunganya yang elok dipadukan dengan warna bunganya biru-keunguan atau putih cocok sekali dijadikan sebagai tanaman hias. Di Australia dan Brasil pemanfaatan bunga dari kembang telang ini dijadikan sebagai cover crop dan pakan ternak.

Itulah tadi bahasan mengenai mengenal tanaman kembang telang. Untuk manfaat kembang telang yang lebih lengkapnya anda bisa klik disini.

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s