Manfaat Buah Jarak bagi Tubuh dan Kesehatan

Jarak merupakan tumbuhan liar yang biasa hidup di hutan, lahan tidur, maupun daerah-daerah dekat pantai. Namun, sering juga dibudidayakan di perkebunan. Tumbuhan ini termasuk dalam tumbuhan yang memiliki daun tunggal antara 7 sampai 9. Pohon jarak ini memiliki berbagai manfaat buah jarak bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, buah, hingga bijinya.

manfaat buah jarak bagi tubuhDi Sumatera, pohon jarak ini lebih sering dikenal dengan nama dulang atau gloah. Di Madura, pohon ini disebut Kalek. Sedangkan di Sulawesi, pohon ini sering dikenal dengan sebutan jarak kosta, dan di Maluku dikenal dengan sebutan muun mav.

Tahukah kalian bahwa pohon jarak mempunyai manfaat bagi kesehatan?

Manfaat buah jarak bagi kesehatan diantaranya sebagai berikut :

1) Mengobati diare, tumbuhan ini sering digunakan sebagai alternatif pengobatan. Cara yang dilakukan cukup mudah, yaitu dengan memetik tiga lembar daun jarak yang masih segar, tidak tua dan tidak terlalu muda, kemudian olesi daun tersebut dengan minyak kelapa secara merata di bagian atas permukaan daunnya. Setelah itu, panggang di atas kompor hingga terlihat layu dan tempelkan pada perut.

manfaat buah jarak untuk tubuh2) Untuk mengobati koreng, bisul, dan luka berdarah, dengan menggunakan minyak tanaman jarak ini. Selain itu, minyak jarak juga sangat baik digunakan untuk mengurut bagian tubuh yang terkilir, karena bisa mengurangi pembengkakan.

3) Untuk mengobati sembelit, dengan memanfaatkan daun jarak ini sebagai obat pencahar untuk sembelit.

manfaat buah jarak untuk kesehatan tubuh4) Mengobati sakit gigi, dengan menggunakan getah jarak yang mengandung zat anti mikroba untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang.

5) Mengobati batuk dan sesak napas, daun pada tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh batuk dan sesak nafas.

6) Meningkatkan stamina tubuh, dengan memanfaatkan akar tanaman jarak untuk membantu menjaga stamina tubuh.

manfaat buah jarak sebagai obatTernyata manfaat buah jarak untuk berbagai pengobatan sangatlah banyak bukan?

 

 

Berbagai penyakit baik untuk jenis penyakit biasa hingga penyakit yang mematikan sekalipun. Namun, cara menggunakannya harus hati-hati mengingat ada racun mematikan yang ada dalam biji buah jarak tersebut. Jika dilakukan dengan tidak berhati-hati dalam mengolahnya, maka racun tersebut bisa sangat membahayakan nyawa manusia.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s