Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Ampuh Dan Terpercaya

manfaat bawang putih satuManfaat Bawang Putih memang sudah tidak diragukan. Tanaman dari genus Allium ini sudah digunakan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun. Bawang putih merupakan tanaman dari spesies A. Sativum sehingga nama binomial dari bawang putih yaitu Alliun sativum. Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan maupun dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan.

 

Setiap 100 gram bawang putih mengandung 150 kalori, 33 gram karbohidrat, 6,36 gram protein. Bawang putih juga diperkaya dengan Vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng. Sehingga tak heran jika bawang putih sangat bermanfaat bagi kesehatan.

 

manfaat bawang putih duaNamun, cara makan bawang putih untuk kesehatan ini mungkin tidak biasa bagi Anda. Anda dianjurkan untuk makan bawang putih mentah, tanpa dimasak atau diolah terlebih dahulu. Tapi bagi anda yang benar-benartidak dapat mengkonsumsi bawang putih secara langsung tanpa diolah dapat menyiasati dengan menggunakan bawang putih sebagai campuran sayur dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanaya.

 

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan

 

  1. Senyawa Allicin Pada Bawang Putih Dapat Digunakan Untuk Obat

Kandungan allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Allicin ini merupakan salah satu komponen biologis aktif yang paling utama dan besar kandungannya dalam bawang putih. Allicin merupakan zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih.

 

Berbagai riset telah dilakukan terhadap zat ini dan menemukan bahwa ia memiliki efek penting untuk beberapa isu kesehatan seperti menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker, antioksidan dan anti anti mikroba/bakteri.

 

Zat ini lah yang membuat ciri khas pada bau bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin, yang diyakini sangat besar peranannya dan membawa manfaat kesehatan yang tiada duanya.

 

  1. Bawang Putih Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi.

 

Berikut adalah ringkasan dari nutrisi yang diberikan oleh bawang putih per 136 Gr bawang putih:

  • Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
  • Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
  • Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian
  • Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
  • Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.

 

Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori. Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.

 

  1. Manfaat Bawang Putih Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol yang cukup banyak. Penelitian lain yang dilakukan oleh para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences juga menguak bahwa makan bawang putih mentah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peserta penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences ini diminta untuk mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

 

  1. Manfaat Bawang Putih Untuk Kehamilan

Walaupun beberapa ibu agak berat mengonsumsi makanan ini, nyatanya bawang putih sangat baik untuk kehamilan. Beberapa ibu hamil bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia dan membantu meningkatkan berat badan bayi ketika dalam kandungan. Sehingga bayi tentu lebih sehat dan juga kuat. Kandungan kalsium berbagai vitamin dan juga antibakteri sangat baik untuk kehamilan

 

  1. Mengatasi rambut rontok

Siapa sangka mengonsumsi bawang putih mentah bisa mengatasi masalah rambut rontok yang sudah sangat mengganggu? Alopecia atau kebotakan disebabkan oleh penyakit autoimun dan bawang putih mentah bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Beberapa orang bahkan mengoleskan gel bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

 

  1. Mengurangi penyakit reumatik

Bagi anda yang memiliki permasalahan reumatik, memang cukup sulit mencari obatnya. Terutama karena reumatik menyangkut mengenai sendi dan juga otot. Bawang putih bisa mengurangi sakit karena reumatik anda. cukup konsumsi secara rutin. karena bawang putih mengandung bahan seperti natrium dan zink yang penting untuk syaraf, otot dan juga sendi.

 

  1. Bawang Putih Efektif Untuk Kecantikan Kulit

Tidak hanya kesehatan yang ditopang oleh bawang putih, manfaat bawang putih tidak jauh berbeda seperti halnya manfaat mentimun, bawang putih juga memberikan manfaat sangat baik untuk kecantikan kulit.

  1. a) Membersihkan komedo. Komedo sering muncul didaerah hidung dan menggangu penampilan. Cukup haluskan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang dihinggapi komedo.
  2. b) Menghilangkan noda bekas luka. Bekas luka terkadang membuat kurangnya rasa percaya diri bagi yang memlikinya. Manfaat bawang putih, memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
  3. c) Obat jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan saat sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.
Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s