Mengenal Hama Dan Penyakit Jambu Kristal Dan Cara Mengatasinya

Hama Dan Penyakit Jambu Kristal Dan Cara Mengatasinya hamaHama dan penyakit jambu kristal dan cara mengatasinya! Segala sesuatu pasti memiliki kekurangan, segala usaha pasti memiliki kendala sedikit dan sekecil apapun itu. Tak ubahnya seperti tanaman yang lain, jambu kristal juga memiliki kelemahan dan kendala dalam budidayanya. Salah satu kendala dalam budidaya jambu kristal yaitu hama dan penyakit. Hama dn penyakit ini menyebabkan jambu kristal tidak dapat tumbuh dengan baik dan juga mengakibatkan buah jambu kristal berkuaitas rendah bahkan gagal panen.

 

Bagi anda yang belum mengetahui hama dan penyakit jambu kristal dan cara mengatasinya mungkin kualahan dalam melakukan budidaya. Atau bagi anda yang ingin memulai membudidayakan jambu kristal namun takut dengan kendala hama dan penyakit, mungkin akan mundur dan tidak jadi membudidayakan jambu kristal.

 

Nah, apa saja si hama dan penyakit tanaman jambu kristal? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak yuk

 

Hama merupakan mahluk hidup berupa hewan yang dapat menimbulkan kerusakan atau kerugian. Jenis-jenis hama yang ada pada tanaman jambu kristal yaitu sebagai berikut

1.        Ulat daun dan ulat keket, cara mengatasi ulat daun dan ulat keket yaitu dengan menggunakan nogos.

2.        Semut dan tikus, cara mengatasi dengan penyemprotan obat kimia, tetapi dalam jumlah yang sewajarnya saja.

3.        Ulat putih dan ulat jengkal bisa diberantas dengan menyemprotkan zat kimia pestisida.

 

Selain serangan dari beberapa hama tersebut, jambu biji tak terlepas dari serangan akibat suatu penyakit. Dimana, pada penyakit tersebut juga harus diatasi sebelum tanaman ini tak bisa dipanen atau bahkan bisa berakibat fatal yaitu tidak dapat hidup lagi. Contohnya ialah:Hama Dan Penyakit Jambu Kristal Dan Cara Mengatasinya penyakit

1.        Penyakit yang disebabkan oleh jamur, bisa berupa warna putih pada bagian akarnya. Untuk mengatasinya bisa dengan menyemprotkan zat kimia atau pestisida dengan dosis yang dianjurkan.

2.        Penyakit dari bercak-bercak warna hitam yang merupakan serangan dari beberapa jamur. Penyakit ini bisa diatasi dengan penyemprotan pestisida ke beberapa titik tumbuhan yang terkena serangan penyakit.

3.        Penyakit karena adanya ganggang yang seringkali muncul ketika musim penghujan. Akibat dari penyakit ini, terdapat bercak-bercak pada permukaan daun jambu tersebut. Untuk mengatasinya pun sama, dengan menyemprotkan pestisida.

 

Hama dan penyakit pada buah jambu biji ini memang seringkali menyerang setiap saat. Bahkan adapula yang bermunculan di musim tertentu. Sehingga, membuat tanaman ini tak dapat tumbuh subur serta tak dapat dipanen dengan maksimal.

 

Untuk itu, para pembididaya jambu kristal harus siap siaga untuk mengatasi kendala budidaya jambu kristal. Penggunaan zat kimia atau pestisida tidak di larang untuk dilakukan. Akan tetapi, penggunaan obat kimia ini sebaiknya dalam jumlah yang sedikit saja sesuai dosis yang dianjurkan, tak perlu berlebihan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s