Budidaya Pisang Cavendish

Pisang Cavendish merupakan salah satu komoditas pertanian yang kaya akan mineral, vitamin, karbohidrat, dan serat. Pisang cavendish digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis sehingga dapat dijadikan sebuah peluang usaha dengan melakukan budidaya pisang cavendish.

budidaya pisang cavendishPohon Pisang Cavendish yang juga dikenal sebagai pisang Ambon ini dapat tumbuh dengan optimal pada daerah yang memiliki curah hujan 200 sampai 250 mm dengan 2 bulan masa kering dengan menggunakan media berupa tanah, kayu humus dan tanah liat berpasir. Selain itu, pohon Cavendish biasa dibudidayakan pada daerah dengan ketinggian lebih dari 1600 meter dpl.

 

Bagaimana cara melakukan budidaya pisang cavendish yang baik dan benar?

Berikut caranya :

budidaya pisang cavendish Persiapan bibit pisang Cavendish dapat dibudidayakan dengan cara vegetatif yaitu dengan memanfaatkan tunas anakan pada pisang yang akan dijadikan bibit. Pilih tunas pisang dari induk yang buahnya sehat dan bagus.  Tunas pisang yang dijadikan bibit tingginya minimal 1 meter sampai 1,5 meter dan lebarnya 15 cm sampai 20 cm.

Kemudian lakukan perawatan dengan membuat sanitasi yang baik untuk bibit sebelum bibit tersebut ditanam. Selanjutnya dilakukan pengolahan tanah yang tepat. Tujuan dari pengolahan tanah yaitu untuk menentukan jenis lahan tanam yang dipakai sehingga harapannya proses dari budidaya tanaman pisang cavendsih dapat menghasilkan produk yang maksimal. Pengolahan tanah tersebut bisa menggunakan alat manual maupun modern seperti cangkul atau mesin bajak.

Pisang cavendish sebenarnya bisa ditanam dimana saja. Biasanya budidaya pisang Cavendish ditanam pada tanah yang kering atau tanah persawahan. Sebaiknya perlu memperhatikan waktu tanam yaitu untuk pengolahan tanah di tanah yang kering adalah pada waktu akhir musim kemarau, sedangkan untuk lahan persawahan sebaiknya di awal musim kemarau.

budidaya pisang cavendishMembuat lubang tanam berukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak tanam sebesar 3 x 3 meter. Perhatikan pula kondisi cuaca, ketika curah hujan tinggi dapat menjadi hambatan dalam proses pembuatan lubang tanam ini.

Budidaya pisang cavendish perlu pemeliharaan yang maksimal untuk memperoleh buah yang berkualitas dan terhindari dari hama penyakit. Oleh karena itu, pemeliharaan sangatlah penting karena menjadi tolak ukur keberhasilan budidaya pisang cavendish hingga tercapai masa panen pisang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s