Menggali Lebih Dalam Khasiat dan Manfaat Kembang Telang (Clitoria ternatea ) Bagi Kesehatan Tubuh (Bagian 2)

Manfaat Kembang Telang untuk kesehatan – Pada artikel Menggali Lebih Dalam Khasiat dan Manfaat Kembang Telang (Clitoria ternatea ) Bagi Kesehatan Tubuh (Bagian 1) telah saya paparkan  beberapa manfaat kembang telang untuk kesehatan yaitu sebagai obat untuk gangguan penglihatan, obat sakit bisul dan obat sakit telinga. Nah, pada bagian 2 ini saya akan melanjutkan manfaat kembang telang untuk kesehatan lainnya.

  1. Membantu mencuci darah

manfaat kembang telang untuk kesehatan,satuDarah kotor merupakan salah satu pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti bisul. Untuk itu kita perlu mencuci darah kita supaya terbebas dari gangguan tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan bunga dari kembang telang ini dengan merebus bunganya dan diminum secara rutin.

  1. Mengobati Bronchitis

Cara membuat ramuannya yaitu dengan merebus ± 30-60 gram akar telang dengan 4 gelas air bersih hingga kadar airnya tersisa hanya separuhnya. Lalu, dinginkan dan minumlah pada pagi dan malam hari masing-masing satu gelas.

  1. Untuk detoksifikasi

manfaat kembang telang untuk kesehatan,dua

Kembang telang ini juga dapat dijadikan teh herbal yang dapat menghilangkan racun-racun yang berada pada saluran pencernaan kita. Cara membuatnya mudah yaitu dengan menyeduh 2-3 kuntum kembang telang dengan air panas, lalu biarkan ± 10 menit, teh telang pun siap diseduh. Untuk menambah cita rasanya anda bisa menambahkan madu atau perasan lemon ke dalamnya.

  1. Mengatasi gangguan seksual pada wanita

Ramuan herbal yang dibuat dari bunga kembang talang ini dapat mengobati gangguan seksual pada wanita seperti infertilitas dan masalah haid karena kandungan yang terdapat pada bunga tersebut.

  1. Mengobati batuk

Bagi anda yang terserang penyakit ini anda dapat memanfaatkan akar dari kembang telang ini dan mengkonsumsinya sebagai obat tradisional yang dapat membantu anda menyembuhkan batuk.

manfaat kembang telang untuk kesehatan,tiga

  1. Mengobati infeksi tenggorokan

Bunga dari kembang telang ini juga dapat membantu Anda para perokok yang mengalami infeksi pada tenggorokannya. Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus bunganya dan digunakan untuk obat kumur.

Itulah sembilan manfaat menakjubkan dari tanaman hias kembang telang yang biasa kita lihat di pekarangan rumah dan hutan. Selamat mencoba dan memanfaatkan khasiatnya 🙂

 

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s