Manfaat dan Efek Samping Tebu Bagi Kesehatan

Manfaat dan efek samping tebu! Kalian suka minum es teh manis? Atau minuman dan makanan manis lainnya? Pasti tau kan jika sesuatu yang manis itu berasal dari gula. Rasa manis yang kita bicarakan sekarang terlepas dari pemanis sintetis ya..

manfaat dan efek samping tebu satu

Saat ingin membuat makanan atau minuman yang manis biasanya selalu ditambah dengan gula. Gula ini berasal dari tanaman tebu yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi butiran-butiran berasa manis yang dapat kita konsumsi.

 

Tebu merupakan tanaman yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula. Tebu hanya dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis. Secra ilmiah tebu merupakan keluarga dari Poaceae dan termasuk spesies Saccharum officinarum. Tanaman tebu dapat dipanen setelah kurang lebih satu tahun dari saat tanam.

 

Seperti mata uang yang memiliki dua sisi yang berdeda, begitu pula dengan tanaman tebu yang memiliki dua sisi yang berbeda. Tidak hanya tanaman tebu, segala sesuatu yang ada pasti memiliki sisi yang berbeda. Mereka memilki sisi positif dan sisi negatif.

 

manfaat dan efek samping tebu esSegala ciptaan tuhan pasti memiliki manfaat bagi mahluk lainnya. Begitu juga tanaman tebu yang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Namun jika penggunaannya tidak tepat maka akan menyebabkan masalah baru. Berikut ini akan kami sampaikan sedikit tentang manfaat dan efek samping tebu bagi kesehatan. Simak yuk…

 

Manfaat tebu bagi kesehatan yaitu :

 

  1. Menjaga kesehatan dari penyakit jantung.

Mengonsumsi air tebu secara teratur dapat menjaga metabolisme dalam tubuh sehingga kita terhindar dari yang namanya kekurangan cairan, saat cairan tubuh kita tercukupi maka kita jauh dari gejala stroke. Selain itu, tebu juga banyak mengandung karbohidrat sehingga menambah kekuatan jantung

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Tebu yang mengandung policosanol yang dapat menurunkan produksi kolesterol di hati dan kolesterol jahat yaitu LDL (Low Density Lipoprotein). LDL tidak dapat merusak tubuh kita jika kita mengkonsumsi 10 mg policosanol sekali sehari. HDL sebagai kolesterol baik akan meningkatkan 11,3% dalam proses ini. Policosanol adalah protein dalam plasma darah yang dapat menurunkan berat badan.

 

  1. Mengobati Diabetes

Air tebu benar-benar memiliki efek anti diabetes karena tebu mengandung sakaran (senyawa anti diabetik). Namun saat sudah menjadi gula kandungan sakaran ini sudah hilang karena proses pemanasan saat pengolahan. Dan yang tersisa saat cairan tebu sudah menjadi gula berupa sakarosa (senyawa pencetus diabetes). Sehingga inilah yang membedakan air tebu dengan gula pasir.

 

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Air tebu yang masih segar banyak mengandung karbohidrat yang akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

 

  1. Menjaga kesehatan gigi.

Taukah anda bahwa tebu dapat digunakan untuk memelihara kesehatan gigi dan juga gusi? Caranya cukup mudah, hanya meminum ekstrak sari tebu dan ditambah dengan jeruk nipis dan juga garam.

 

  1. Kesehatan Kulit

Air tebu memiliki asam alpha yang membantu wanita khususnya  dari efek penuaan dini. Hal ini terbukti untuk mencegah jerawat, membuat kulit tampak tetap lembut, dan wanita terlihat awet muda.

 

Selain itu, air tebu juga mengandung asam glikolat yang dapat mencerahkan kulit dengan membantu proses pengelupasan kulit mati. Proses ini membuat kulit tampak lebih putih, cerah, dan halus. Kemudian air tebu juga dapat mencegah kulit berminyak, kulit kusam dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

 

  1. Mencegah Kanker

Tebu mengandung antioksidan kuat dan zat alkali yang mampu mencegah kanker payudara, kanker usus besar dan kanker paru-paru. Mengkonsumsi air tebu segar secara alami (mungkin tiga har sekali atau seminggu sekali) dapat mengurangi risiko terkena kanker.

 

  1. Penyembuhan Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membran disebabkan adanya bilirubin di dalam darah. Terganggunya fungsi hati merupakan penyebab penyakit kuning. Untuk mempercepat pemulihan, dianjurkan untuk minum air tebu asli karena tebu merupakan obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning. Selain itu tebu juga membantu menjalankan fungsi ginjal.

 

  1. Meningkatkan Energi

Glukosa alami dalam air tebu akan membantu meningkatkan energy pada tubuh sehingga kita tidak akan mengalami lemas.

 

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Adanya vitamin C, Vitamin, A, dan Vitamin E pada tebu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari serangan berbagai penyakit

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Tebu yang mengandung policosanol yang dapat menurunkan produksi kolesterol di hati dan kolesterol jahat yaitu LDL (Low Density Lipoprotein). LDL tidak dapat merusak tubuh kita jika kita mengkonsumsi 10 mg policosanol sekali sehari. HDL sebagai kolesterol baik akan meningkatkan 11,3% dalam proses ini. Policosanol adalah protein dalam plasma darah yang dapat menurunkan berat badan

 

  1. Mengatasi Infeksi

Tingginya kandungan kalium dalam dalam air tebu sangat berguna bagi saraf kontrol dan otot. Adanya kalium, yang dikombinasi dengan phelonic dan flavonoid dalam jus tebu dapat menjaga tubuh kita dari efek infeksi.

 

Efek Samping Mengkonsumsi Tebu Secara Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik. Begitu juga dengan konsumsi air tebu yang berlebihan. Sebagian besar penelitian yang dilakukan pada policosanol, yaitu apabila mengkonsumsi policosanol dengan dosis 20 mg dosis maka tidak akan membawa manfaat bagi tubuh. Beberapa kasus menyebutkan, mengkonumsi policosanol atau tebu secara berlebihan akan menyebabkan penurunan berat badan, sakit kepala, pusing, sakit perut dan insomnia.

 

Bagi anda yang sedang diet, mungkin turunnya berat badan merupakan hal yang sangat anda idamkan. Tetapi bagi mereka yang mengalami sakit parah hal itu bisa berbahaya sehingga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak berlebihan mengkonsumsi tebu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s