Kopi Mahkota Dewa dari Buah Simalakama yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, tanaman mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) biasa ditanam di areal pekarangan rumah sebagai tanaman hias atau sebagai tanaman peneduh. Bagian dari tanaman mahkota dewa yang sering kali dimanfaatkan ialah buah, daun, serta bijinya. Salah satu produk yang memanfaatkan buahnya yaitu dengan membuat kopi mahkota dewa.

khasiat kopi mahkota dewa Buah mahkota dewa memiliki sebutan nama lain yakni buah simalakama. Mengapa disebut buah simalakama? Hal tersebut karena bila kita mengonsumsi buah mahkota dewa secara langsung, maka kita akan merasa pusing dan mual. Akan tetapi buah ini justru dapat menyembuhkan jika diolah dengan penanganan yang tepat menjadi produk yang berkhasiat seperti kopi mahkota dewa misalnya.

kopi mahkota dewa bagi tubuhBuah mahkota dewa ini merupakan buah asli Indonesia yang berasal dari daerah Papua, Irian Jaya. Namun saat ini, tanaman mahkota dewa sudah dapat kita jumpai di daerah-daerah lain dan jarang sekali yang diolah menjadi kopi mahkota dewa.

 

Hal tersebut bisa menjadi peluang usaha atau bisnis baru yang memiliki prospek baik sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat dan memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Produk kopi mahkota dewa ini secara khusus diekstrak dari buah mahkota dewa untuk menghasilkan rasa yang sangat unik dan memberikan kesegaran alami.

Kopi mahkota dewa juga dapat memanfaatkan biji mahkota dewa dengan cara dikeringkan dan disangrai untuk kemudian diseduh. Khasiat mahkota dewa bagi kesehatan adalah perannya sebagai antitumor/antikanker, antibodi, analgetik, antiradang, antipiretik, dan hiperurinesia atau anti asam urat, antidiabetes, mengobati penyakit liver, hipertensi, disentri, rematik, encok, kolesterol tinggi, sampai ke penyakit-penyakit yang lebih ringan misalnya jerawatan, gatal-gatal, bisul, serta gigitan serangga.

kopi mahkota dewa bagi kesehatanMeskipun berkhasiat bagi kesehatan, namun konsumsi kopi mahkota dewa harus hati-hati karena buah mahkota dewa mengandung sejumlah racun tertentu yang bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan dalam kuantitas yang over bisa memicu kerusakan organ tubuh. Oleh karena itu, konsumsi herbal kopi mahkota dewa sebaiknya segera dihentikan apabila penyakit sudah sembuh.

kopi mahkota dewa bagi kesehatan tubuhKopi mahkota dewa mempunya manfaat dan efek samping yang dapat merugikan apabila dikonsumsi tidak sesuai petunjuk. Maka dari itu bila tertarik untuk mencoba kopi ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau pakar herbal yang dapat dipercaya.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s