Hama Penyakit Tanaman Buah Naga

hama penyakit tanaman buah nagaHama Penyakit Tanaman Buah Naga adalah masalah yang harus segera diatasi oleh para petani tanaman buah naga.

Tentunya untuk mengatasi hama penyakit tanaman buah naga, sebelumnya para petani harus mengenali hama penyakit tanaman buah naga mereka.  Sehingga dapat menentukan tindakan dan upaya yang tepat untuk mengatasi hama penyakit tanaman buah naga.

hama penyakit tanaman buah nagaTanaman buah naga berasal dari Meksiko, Amerika tengah, dan Amerika Selatan, tetapi sekarang sudah dibudidayakan di negara-negara Asia seperti taiwan, Vietnam, filipina, Indonesia dan Malaysia.

Serangan hama penyakit tanaman buah naga dapat mengkibatkan kerusakan pada tanaman dan produksi yang rendah, sehingga dapat merugikan para petani taaman buah naga.

Oleh karena itu, para petani buah naga harus mengenali hama penyakit tanaman buah naga mereka dengan baik.  Yuk kita pelajari beberapa jenis hama penyakit tanaman buah naga;

Hama tanaman buah naga;

  1. Kutu batok

hama penyakit tanaman buah naga

Hama ini menyerang bagian batang dan buah tanaman.  Cara kerja hama ini dengan menghisap cairan pada batang atau cabang.  Serangan hama ini mengakibatkan perubahan warna pada cabang tanaman menjadi berwarna kuning.

 

 

  1. Kutu Putih

hama penyakit tanaman buah naga

Hama kutu putih ini menyerang bagian batang atau cabang tanaman.  Cara kerja hama ini dengan menempel pada bagian batang atau cabang tanaman sehingga terlihat kotor yang mengakibatkan pertumbuahan batang atau cabang terhambat.

  1. Tungau

hama penyakit tanaman buah naga

Tungau menyerang kulit batang atau cabang.  Cara kerjanya dengan menghisap cairan batang dan cabang.  Akibatnya pada kulit batang atau cabang tanaman buah naga akan muncul bintik bintik kuning atau cokelat.

 

  1. Semut

hama penyakit buah naga

Pada saat tanaman buah naga berbunga semut akan muncul, karena aroma khas bunga buah naga dan cairan yang berasa manis.  Cara kerjanya dengan mengrubungi bunga yang yang baru kuncup dan mengakibatkan kulit buah bintik-bintik cokelat.

 

Penyakit buah naga

Selain hama, tanaman buah naga juga rentan terkena penyakit yang berbahaya seperti;

  1. Busuk bakteri

hama penyakit tanaman buah naga

Busuk bakteri diakibatkan oleh serangan bakteri Pseudomonas sp.  Pada umumnya menyerang bagian batang tanaman.  Akibatnya terjadi pembusukan pada pangkal batang dan layu.

 

 

  1. Fusarium

hama penyakit tanaman buah naga

Penyakit ini akibat serangan jamur Fusarium oxysporium Schl.  Jamur ini menyerang bagian batang tanaman.  Akibatnya batang tanaman buah naga menjadi berkerut, layu, dan berwarna coklat.

 

 

  1. Busuk pangkal batang

hama penyakit tanaman buah naga

Serangan penyakit ini yaitu pada batang tanaman. Salah satu penyebabnya yaitu kelembaban tanah yang berlebihan.

Akibatnya tanaman buah naga mengalami pembusukan pada pangkal batang, berwarna kecokelatan dan terdapat bulu putih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s