Zodia (Evodia sauveolens) : Manfaat Tanaman Anti Nyamuk

Tanaman Zodia (Evodia Sauveolens) adalah tanaman anti nyamuk mulai dari nyamuk malaria, DBD, cikungunya dan sebagainya. Tanaman ini merupakan tanaman yang tergolong suku jeruk-jerukan asli Indonesia tepatnya berasal dari daerah Papua.

tanaman anti nyamuk handalZodia dapat ditanam dari biji atau stek batang. Jika ditanam dari biji, cukup dilakukan penyemaian saja. Sedangkan untuk stek batang, dipotong bagian batang yang ingin dilakukan stek sepanjang sejengkal kemudian disemai.

 

Tanaman anti nyamuk ini memiliki bunga yang bersifat hermafrodit. Bunga tersebut berwarna putih kekuning-kuningan. Bunga dari tanaman anti nyamuk inilah yang membuat aroma harum yang dibenci oleh nyamuk. Bau dari bunga Zodia ini mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai oleh nyamuk maupun serangga.

tanaman anti nyamuk zodiaMengapa tanaman Zodia ini bisa menjadi tanaman anti nyamuk? Tanaman Zodia bisa menjadi tanaman anti nyamuk karena daun Zodia mengandung zat yang disebut Linalool atau dikenal sebagai zat pengusir (repellent) nyamuk.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara penggunaannya sehingga tanaman ini bisa mengusir nyamuk?

Tanaman Zodia telah lama digunakan oleh penduduk Indonesia terutama penduduk asli Papua sebagai tanaman anti nyamuk dan serangga dengan cara mengusapkan atau menggosokkan daun zodia ke anggota tubuh yang tidak ingin digigit oleh nyamuk.

ampuh tanaman anti nyamukBerdasarkan beberapa literatur, tanaman Zodia juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan dengan cara mengoleskannya pada tubuh.

Selain sebagai tanaman anti nyamuk karena bau dari bunga yang ditimbulkannya, tanaman Zodia ini juga dapat memperindah ruangan dengan cara menaman Zodia di dalam pot. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita meletakkan tanaman zodia ini di sudut ruangan atau dekat jendela.

Tanaman ini juga sering digunakan sebagai tanaman hias untuk kebun atau taman karena Tanaman Zodia ini dianggap cukup menarik sehingga banyak orangmenyukainya sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tanaman anti nyamuk.

Kini, tanaman Zodia sudah mulai banyak orang yang membudidayakannya dan menjual tanaman Zodia ini diberbagai tempat di wilayah Indonesia. Tanaman zodia, oleh para pedagang tanaman hias sering disebut sebagai Tanaman Anti Nyamuk. Terkadang dimanfaatkan sebagai tonik atau penambah stamina tubuh. Sedangkan, kulit batang dari tanaman anti nyamuk ini direbus dan kemudian dapat digunakan sebagai peredam demam malaria.tanaman anti nyamukTanaman Zodia (Evodia Sauveolens) ternyata telah tersedia di Sentulfresh Indonesia dan jika konsumen ingin membeli tanaman ini bisa menghungi kami karena sebagian besar konsumen yang membeli tanaman zodia ini mayoritas pecinta tanaman hias dan masyarakat yang tinggal di daerah banyak nyamuk.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s