Hama dan Penyakit Tanaman Pepaya Yang Harus Diwaspadai

hama dan penyakit tanaman pepaya

Hama dan penyakit tanaman pepaya sangatlah merugikan para petani tanaman pepaya.  Pepaya adalah salah satu jenis tanaman buah yang banyak diminati para petani untuk dibudidayakan karena manfaatnya untuk kesehatan dan keuntungan yang akan diperoleh cukup menjanjikan.

Untuk memperoleh keuntungan yang optimal petani harus melakukan perawatan dan pengendalian yang baik dari serangan hama dan penyakit yang menggangu pertumbuhan serta produktivitas tanaman pepaya.

Serangan hama dan penyakit tanaman pepaya akan mengakibatkan menurunnya jumlah produksi dan kualitas buah pepaya serta kegagalan panen.  Oleh karena itu, petani tanaman pepaya harus mengetahui dan mengenal apa saja hama dan penyakit tanaman pepaya serta cara pengendaliannya.

 

Berikut hama dan penyakit  tanaman pepaya yang harus di waspadai oleh para petani serta pengendaliannya ;

1. Hama tanaman pepaya

a.   Tungau Merah

hama dan penyakit tanaman pepaya

Biasanya hama tungau merah ini menyerang bagian tangkai, daun, dan buah tanaman pepaya.  Hama ini sangat mudah berkembangbiak dalam waktu yang singkat.

Tanaman yang terserang tungau merah akan terjadi perubahan warna perunggu pada bagian yang terserang, dan permukaan daun tanaman terdapat bercak berwarna kuning kecoklatan yang meluas ke seluruh daun.

Jika dilihat dibagian bawah daun akan terlihat anyaman benang halus yang merupakan tempat tungau merah ini tinggal.  Hama ini akan mengakibatkan daun gugur dan ukuran buah menurun secara drastis.

Pengendaliannya:  Hama tanaman pepaya ini dapat dikendalikan dengan menggunakan insektisida.

b.   Kutu Perisai

hama dan penyakit tanaman pepaya

Hama kutu perisai ini biasanya menyerang bagian daun dengan mengisap cairan daun.  Serangan hama ini akan mengakibatkan permukaan bawah daun tertutup lapisan seperti sisik, hingga daun menjadi kering dan rontok.

Pengendaliannya: untuk serangan rendah  sebaiknya menggunakan predator Chilocorus sp, atau Lindorus lophantas.  Jika serangan hama sangat parah gunakan insektisida

 

c.   Kutu putih

hama dan penyakit tanaman pepaya

Hama ini menyerang bagian daun dan tulang daun tanaman pepaya.  Perkembangbiakan hama ini cukup pesat, dalam waktu satu minggu ham ini bisa menutupi satu daun tanaman pepaya.

Seragan ini bisa mengakibatkan daun berubah warna menjadi kuning, kering hingga daun gugur.  Selain itu buah pepaya menjadi busuk.

Pengendaliannya: tanaman yang terserang disemprot dengan  air detergen, selanjutnya semprot dengan pestisida.

2.  Penyakit tanaman pepaya

a.    Bercak cincin

hama dan penyakit tanaman pepaya

Penyakit bercak cincin ini menyerang bagian daun, tangkai dan buah tanaman pepaya. Pada daun terjadi berubahan bentuk daun, terdapat garis-garis berwarna hijau tua pada tangkai dan buah pepaya yang dihasilkan sedikit.

Pengendaliannya: penyakit ini bersifat menular, sehingga lebih baik tanaman pepaya yang terserang dimusnahkan.  Selain itu, dapat dikedalikan dengan menggunakan insektisida.

b.   Busuk akar dan pangkal batang

hama dan penyakit

Penyakit ini menyerang bagian akar dan batang tanaman pepaya.  Gejala awal  penyakit ini yaitu batang daun-daun bawah menjadi layu,warnanya menguning dan menggantung di sekitar batang sebelum akhirnya gugur.

Pada bagian akar tanaman mengalami pembusukan hingga mencapai akar tunggang dan menyebabkan tanaman pepaya tumbang.

Pengendaliannya: dilakukan dengan memperbaiki sistem drainase dan sanitasi lahan, serta memusnahkan tanaman pepaya yang terjangkit penyakit ini.

c.   Bercak buah

hama dan penyakit tanaman pepaya

Biasanya penyakit ini menyerang bibit tanaman pepaya, hingga mengakibatkan bibit mati.  Pada tanaman pepaya yang dalam masa pertumbuhan akan menyerang batang daun menjadi kecil dan tanaman pepaya mengerdil.

Selain itu juga menyerang buah yang membuat buah berubah warna menghitam dan cekung.

Pengendaliannya:  dapat menggunakan musuh alami dan menjaga kebrsihan tanaman sekitar dari gulma.

sumber : pertaniansehat.com

kabartani.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s