Tips dan Cara Merawat Bunga Kemuning Agar Selalu Berbunga dan Dalam Jumlah Banyak

Tips dan cara merawat bunga kemuning

Tips dan Cara Merawat Bunga Kemuning – Tanaman hias bunga kemuning merupakan salah satu bunga yang banyak ditemui di perkarangan rumah warga. Daun tumbuhan bunga kemuning seperti daun jeruk. Keindahan tanaman kemuning berada pada bunga dan buahnya. Bunganya memberikan bau yang sangat khas dan membuat wangi lingkungan di sekitarnya serta buahnya berjumlah banyak dan berwarna merah-merah. Daunnya berukuran kecil-kecil sehingga cocok sebagai tanaman hias.

Berikut ini Tips dan Cara Merawat Bunga Kemuning :

Tanaman ini tidak membutuhkan penyiraman terlalu banyak atau tidak kering. Apabila tempatnya terlalu tidak kering maka akan mati, siram bila media tanam kering dengan air secukupnya saja. Dengan pemberian pupuk kandang atau kompos cukup maka tanaman akan cepat membesar dan dan bunganya cepat mekar, dan juga pastinya tumbuh baik, sebaiknya memberikan pupuk dalam satu bulan sekali supaya bagus tanamannya.

Untuk mendapatkan bibit dalam jumlah banyak, cara perbanyakan dengan biji sangat disarankan. Tanaman kemuning termasuk tanaman hias. Dia bisa dibentuk menjadi bonsai, tanaman pagar atau tanaman hias pengisi sela taman.

Tips dan cara merawat bunga kemuningUntuk dibuat bonsai, sangat disarankan menggunakan bakalan dari hasil perbanyakan cangkok kemuning. Teknis cara mencangkok tanaman kemuning seperti yang telah dijelaskan sebelunya.

Batang kemuning termasuk lunak dan lentur sehingga gampang dilakukan pembentukan dasar bonsai. Batang ataupun cabang tidak gampang patah. Batang warnanya putih. Namun sayangnya tipe perakarannya tidak terlalu bagus.

Sangat jarang dijumpai bentuk perakarannya yang bagus saat tanaman ini tua. Apalagi tanaman yang berasal dari perbanyakan cangkok. Akar-akar yang terbentuk berupa serabut-serabut. Bila tanaman berasal dari perbanyakan biji, ada peluang bisa didapatkan tanaman dengan bentuk perakaran yang bagus

tips dan cara merawat bunga kemuningPengembangbiakan tanaman hias kemuning dengan cara mencangkok tanaman kemuning sangat disarankan untuk Kamu yang mau memperbanyak tanaman ini. Selain bisa mendapat tanaman dengan ukuran yang telah lumayan besar, perbanyakannya tidak memerlukan waktu yang lama. Tetapi, bila Kamu mau memperbanyak kemuning dalam jumlah besar, perbanyakan dengan cara biji yang paling dianjurkan.

Nah, itulah tips dan cara merawat bunga kemuning agar selalu berbunga dan dalam jumlah banyak. Selamat mencoba dan semoga berhasil 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s