Teknik Budidaya Tanaman Hias Sri Rejeki (Aglonema Crispum)

teknik budidaya tanaman hias sri rejeki, bibitTeknik budidaya tanaman hias Sri Rejeki – Sri Rejeki tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Kini berbagai macam aglaonema hybrid telah dikembangkan. Hybrid dari tanaman warna, bentuk, ukuran daun sehingga berbeda dari spesies alami.

Bagi Anda yang ingin mencoba membudidayakan tanaman hias Sri Rejeki ini, Anda dapat melakukan perkembangbiakan dengan beberapa hal berikut :

Teknik Budidaya Tanaman Hias Sri Rejeki dengan biji

Tanaman Sri Rejeki ini merupakan tanaman yang dapat menghasilkan biji. Anda hanya perlu mengupas bijinya dan kemudian letakkan ditempat yang sedikit berangin selama 4 jam. Setelah itu Anda dapat menyemainya di media tanam yang dapat Anda buat sendiri menggunakan sekam, pasir dan cocopeat dalam kedalaman maksimal 2 cm agar tidak terlalu dalam.

Anda akan mendapatkan tumbuhan tunas muncul sekitar 4 bulan kemudian setelah persemaian. Anda dapat memindahkannya di pot atau di lahan yang lebih lebar apabila sudah muncul sekitar 5 helai daun. Siram menggunakan semprotan tanaman 2 sampai 3 hari agar tidak terlalu basah.

Teknik Budidaya Tanaman Hias Sri Rejeki Melalui Stek

teknik budidaya tanaman hias sri rejeki, stekDalam perkembangbiakan menggunakan metode stek, Anda tidak perlu menunggu sampai Sri Rejeki ini berbungan dan berbiji, karena Anda hanya memerlukan batangnya saja. Anda hanya perlu memotong batang Sri Rejeki kira-kira sepanjang 3 mata tunas. Beberapa sumber mengatakan, bahwa Anda perlu menyelupkan bagian bawah batang dalam zat yang dapat merangsang tumbuhnya akar.

Setelah didiamkan beberapa saat, Anda dapat menanam potongan batang Sri Rejeki ke dalam media tanam yang merupakan campuran dari sekam, pasir dan cocopeat. Anda dapat menanam batang Sri Rejeki dalam konsidi vertikal maupun horizontal.

Teknik Budidaya Tanaman Hias Sri Rejeki dengan Pemisahan Anakan

teknik budidaya tanaman hias sri rejeki, anakTanaman Sri Rejeki biasanya dapat memiliki anakan atau semacam tunas baru yang menempel pada pangkal tanaman Sri Rejeki induknya. Anda dapat memisahkan dari induknya ketika anakan Sri Rejeki ini sudah memiliki sekitar 3 daun. Anda hanya perlu memotong anakan tersebut dengan pisau dan memindahkannya di media tanam yang telah disiapkan.

Dengan berbagai teknik budidaya tanaman hias Sri Rejeki ini,  Anda dapat mencoba untuk membudidayakannya sendiri.  Dengan banyaknya koleksi Sri rejeki di pekarangan dan di dalam rumah Anda, maka rumah akan menjadi lebih segar dan udaranya semakin bersih karena polutan yang ada di sekitar rumah Anda telah diserap oleh Sri Rejeki tersebut 🙂

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s