Manfaat Tanaman Pagar Hidup Pohon Cedar (Aras) atau Cemara-cemaraan

Pagar memiliki fungsi sebagai pembatas dan pengaman. Akan tetapi ada fungsi lain yang peruntukannya untuk mempercantik eksterior rumah anda, untuk desain konsep natural atau alami bisa menggunakan tanaman pagar hidup untuk rumah salah satunya dengan menanam pohon cedar.

tanaman pagar hidup untuk rumahJika anda memiliki rumah dengan ukuran besar atau villa, pohon cedar cocok untuk dijadikan sebagai tanaman pagar hidup karena pohon ini mampu memberikan sentuhan kesejukan, pohonnya yang menjulang tinggi dan daunnya berjarum mampu menutupi bangunan rumah anda. Dengan pertumbuhan yang tinggi, pohon ini lebih dikenal sebagai pohon cemara.

Hampir sebagian besar pastinya kan mengenal yang namanya pohon cemara. Bahkan untuk umat Kristiani, pohon ini merupakan pohon wajib pada saat hari besar natal. Biasanya pohon ini akan dihiasi dengan berbagai hiasan dan juga lampu dengan warna yang beraneka ragam. Sehingga akan semakin menjadikannya dekorasi pelengkap saat batal telah tiba.

tanaman pagar hidup dijadikan pohon natalMeskipun sekarang ini juga telah terdapat banyak sekali pohon natal plastik berbentuk pohon cemara, namun tetap saja jika memiliki pohon cemara yang asli tentu memiliki nilai yang lebih.

Terlebih dengan memiliki pohon cemara yang hidup atau yang asli, tak hanya akan mendapatkan manfaatnya untuk menyemarakkan natal, namun diluar itu semua ternyata pohon cemara memiliki manfaat yang jauh lebih besar. Baik itu untuk menjaga kesehatan dan juga untuk pemenuhan hidup yang lainnya. Berikut ini terdapat beberapa ulasan mengenai manfaat cemara yang dapat kita peroleh selain untuk dekorasi pada saat natal tiba.

artikel ini akan membahas manfaat tanaman pagar hidup bagi kesehatan yaitu :

Mengandung vitamin C
tanaman pagar hidup cedarTanaman cedar atau pohon cemara tersebut ternyata mengandung vitamin C. Dalam pohon cemara laut terdapat banyak kandungan senyawa anti oksidan yang berisi flavanol dan juga bioflavonoid. Penyakit kudis dapat disembuhkan dengan membuat seduhan teh cedar ini.

 

Mampu meredakan stress
Salah seorang psikolog lingkungan dari University of Survey, yaitu Dr. Birgitta Gatersleben menjelaskan dari Telegraph, bahwa pohon cemara yang seringkali digunakan untuk acara natal ternyata dapat membantu seseorang untuk menghilangkan stress. Hal ini disebabkan karena pohon cemara selalu saja dikaitkan dengan kesejahteraan dan juga kepuasan dalam suatu kehidupan. Ini mengandung arti bahwa pohon cemara mampu memberikan nuansa alam yang secara tidak langsung dapat mengurangi stress dan penyakit mental.

Mampu meredakan bronkhitis dan juga batuk
Bau aroma yang keluar dari pohon cemara, selain baik untuk kondisi mental anda juga minyak yang dihasilkan dari pohon cemara ini sangat baik untuk meredakan jenis penyakit sinus dan juga batuk yang sedang anda derita. Caranya hanya dengan meneteskan minyak pinus atau cemara ke dalam wadah yang berisi air panas, lalu uap yang keluar dari wadah tersebut anda hirup perlahan-lahan.

Membantu meredakan sakit otot
Selain dapat mengobati sinus dan juga batuk, manfaat cemara yang lainnya adalah mampu membantu meredakan sakit otot yang sedang anda derita. Caranya hanya tinggal menggunakan minyak pinus untuk digunakan sebagai obat pijat. Akan tetapi usahakan untuk tidak menggunakan minyak cemara jenis P. Sylvestris karena malah akan membuat kulit anda menjadi iritasi.tanaman pagar hidup pohon cedar

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s