Peluang Usaha Tanaman Bunga Kamboja

peluang usaha bunga kambojaPeluang usaha bunga kamboja – Bagi Penggemar tanaman hias tentu tidak asing dengan tanaman bunga kamboja ini. 
Bunga kamboja dulu hanya kita jumpai di tempat-tempat yang berbau religi seperti pemakaman dan tempat-tempat lain, namun kini hal itu sudah berubah. Bunga kamboja sebenarnya memiliki beragam jenis warna.
Untuk bunga kamboja dengan warna kelopak putih dan sentuhan warna kuning memang sering ditanam dikuburan.
Namun jenis bunga kamboja saat ini cukup banyak sehingga banyak disukai oleh beberapa pengemar tanaman hias.  Bunga kamboja mempunyai bau harum, bunga ini juga mempunyai banyak manfaat, mulai akar, getah sampai bunganya punya kegunaan masing-masing.  Bila dijadikan sebuah bisnis, bunga kamboja sangatlah menguntungkan.
Peluang usaha bunga kamboja ini sangat bagus, dilihat dari harga bunga kamboja cukup mahal karena mengikuti permintaan pasar luar negeri yang sangat tinggi. Negara-negara tujuan ekspor bunga kamboja yaitu: Korea Selatan, Jepang, dan Cina. Bunga kamboja di negara-negara tersebut diekstrak dan diolah menjadi bermacam-macam produk, diantaranya menjadi teh, sabun mandi, lotion anti nyamuk, parfum, produk kecantikan dan produk herbal.

Dari pengalaman dan analisis para pengusaha bunga kamboja, setidaknya kita dapat menghasilkan uang dari bunga kamboja melalui 2 cara, yaitu: sebagai petani ataupun distributor. Berikut peluang usaha bunga kamboja yang sangat menjanjikan;
  1. Usaha Budidaya Bunga Kamboja
peluang usaha bunga kamboja
Bagi Anda yang sedang mencari usaha yang menguntungkan, tak ada salahnya mencoba bisnis bunga kamboja sebagai petani. Misalnya,1 hektar lahan kebun bila ditanami pohon kamboja setidaknya ada 200an pohon kamboja.
Bila sepuluh pohon menghasilkan satu kilogram bunga kamboja basah tiap harinya, maka akan ada 20 kilogram bunga kamboja basah yang kemudian mengering menjadi 3 kilogram tiap harinya (perbandinga kamboja basah dan kering dalam berat yaitu 7:1).
Dalam satu bulan akan dihasilkan 600 kilogram kamboja kering, bila dirupiahkan menjadi 60.000 x 90 = 5,4 juta rupiah. Bagaimana jika anda memiliki lahan yang lebih luas? Bagaiman jika harga jualnya kembali Rp.100.000?
  1. Usaha Distributor Bunga Kamboja
peluang usaha bunga kamboja
Solusi yang kedua menjadi pengepul atau distributor bunga kamboja. Caranya yaitu dengan mengunjungi masyarakat di sekitar makam dan memberitahukan potensi ini kemudian menawarkan mereka untuk menyetorkan bunga kamboja kering yang diperolehnya ke kita secara teratur.
Atau anda juga bisa mengumpulkan bunga kamboja dari para petani untuk menditribusikannya ke industri. Tapi model ini perlu jaringan usaha yang luas.

  1. Usaha Bunga Kamboja sebagai Bonsai atau Tanaman Hias
peluang usaha bunga kamboja
Peluang Usaha bunga kamboja sebagai bonsai atau tanaman hias. Jika anda memilih ini, maka sebaiknya pahami dulu cara melakukan bonsai pada tanaman hias. Dan ketahui bahwa hanya bunga kamboja hias/ jepang lah yang paling bagus di-bonsai.
Bisnis bunga kamboja sebagai bonsai tidak mengandalkan kuantitas atau jumlah yang bisa dihasilkan, tapi lebih ke kualitasnya. Jika anda bisa menghasilkan bonsai yang berkualitas, harga jualnya bisa mencapai 10.000.000 per 1 pohonnya.
1 pohon bonsai yang laku saja sudah dapat menghidupi kebutuhan anda, bagaimana kalau sebulan yang laku 10 buah dengan harga rata-rata 3.000.000 per pohon? Bagaimana kalau anda bisa menjualnya lebih mahal?

 

  1. Usaha Bibit Bunga Kamboja
peluang usaha bunga kamboja
Selanjutnya, bunga kamboja juga dapat dibudidayakan sebagai bibit untuk memenuhi permintaan konsumen. Permintaan bunga kamboja juga cukup ramai. Apalagi dari para petani bunga kamboja yang menjadi supplier bunga kamboja kering.
 Jika anda memilih model bisnis ini, sebaiknya anda harus mempelajari cara membudidayakan bunga kamboja yang benar agar hasil yang anda dapatkan bisa maksimal.
Keuntungan yang didapatkan dari model bisnis bunga kamboja ini juga cukup bagus. 1 pohon bibit bunga kamboja biasa dihargai 5.000-15.000, tergantung ukuran pohonnya. Pastikan anda rutin membudidayakannya agar hasilnya lebih banyak.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s