Manfaat dan khasiat Rebung Bambu Kuning

rebung bambu kuningBambu kuning (Bambusa vulgaris var. striata) adalah salah satu jenis tanaman bambu peliharaan atau budidaya.  Bambu jenis ini memiliki ciri batang yang beruas-ruas, tinggi, dan batangnya berwarna kuning.
Biasanya, bambu jenis ini hidup di lingkungan tropis.  Bambu jenis ini banyak di temukan di Kawasan Asia Tenggara.  Ia sering dijumpai di desa-desa, di pinggir-pinggir sungai, dan sebagai tanaman hiasan di perkotaan.
Rebung bambu kuning adalah bambu kuning muda. Ternyata rebung bambu kuning ini memiliki manfaat yang jarang orang ketahui, manfaat dari bambu kuning diantaranya:

  1. Dimasak sebagai sayur

    rebung bambu kuning

Ternyata rebung bambu kuning ini dapat dijadikan sebagai sayuran yang enak untuk teman makan dengan nasi, untuk pengolahannya pun bermacam mulai dari nugget dari rebung bambu kuning, lalu dijadikan tumis rebung bambu kuning, bahkan bisa dijadikan sebagai isian dari makanan lumpia basah yang enak dengan cita rasa yang khas.
Saat ini dalam bidang masakan terjadi perkembangan yang cukup cepat dengan buktinya seperti nugget, nugget ini merupakan inovasi dari bidang makanan yang dimana menggunakan rebung sebagai bahan dasarnya.
Biasanya rebung sendiri memiliki nilai jual yang tidak begitu tinggi, namun setelah adanya inovasi di bidang makanan itu membantu rebung menjadi bahan dasar masakan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

        2.    Sebagai obat lever

rebung bambu kuning

Rebung bambu kuning sudah sejak lama digunakan oleh nenek moyang pada jaman dahulu dijadikan sebagai obat lever atau penyakit kuning, lalu dengan adanya budaya kebiasaan itu diwariskan sampai zaman saat ini.
Kandungan yang terdapat dalam rebung bambung kuning ini dipercaya mampu mengatasi atau mengobati penyakit lever, karena hal itu dikaitkan dengan adanya kandungan yang terdapat dalam manfaat rebung bambu kuning mampu mengobati dalam adanya kerusakan dalam fungsi hati.
Maka hal itu secara tradisional mampu diatasi dengan rebung bambu kuning.
        3.    Sebagai anti racun hati
hal itu dikarena pada rebung bambu kuning terdapat senyawa yang namanya hidroksi bemsadelhid, hidroksi bemsadelhid ini merupakan suatu fenol yang yang didalamnya terdapat senyawa yang sama dengan gugusan silimari dan juga kurkumin.
Hal itu memilik sifat anti toksin hati, dimana anti toksin tersebut memiliki fungsi dapat mengatasi penyakit lever atau hepatits A. Sehingga dengan adanya anti toksin hati dalam rebung ini, mampu megatasi dalam mengobati penyakit lever atau hepatitis A.

       4.   Mudah kenyang bila dikonsumsi

rebung bambu kuning

pada rebung bambu kuning terdapat kandungan serat yang cukup tinggi, dimana kandungan serat tersebut dipercaya mampu membuat orang yang mengonsumsi akan lebih cepat untuk kenyang.
Sehingga rebung bambung kuning ini pas untuk dijadikan sebagai makanan bagi orang yang sedang melaksanakan program diet, karena rebung ii membuat kita tidak mudah untuk cepat lapar.
   
     5.   Merangsang nafsu makan
penyebab yang membuang kita dengan mudah terangsang untuk nafsu makan setelah mengonsumsi rebung, hal itu dikarena kan di dalam rebung terdapat selulosa yang tinggi sehingga dengan mudah kita terangsang nafsu makannya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s