Macam Macam Jenis Bunga Kamboja Cantik

Macam-macam janis bunga kamboja! Pasti banyak yang sudah tahu mengenai bunga kamboja atau yang juga disebut adenium. Kebanyakan orang menyebut bunga itu sebagai bunga pemakam karena sebagian besar bunga itu tumbuh di tempat pemakaman atau kuburan. Bunga kamboja atau adenium ini juga mempunyai sebutan lain yaitu kamboja jepang.

 

Ya, bunga kamboja merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang banyak digemari di Indonesia karena memiliki bentuk yang cantik dan menawan. Warna yang dihasilkan dari bunga ini juga beragam tergantung dari jenisnya. Selain itu bunga kamboja juga memiliki aroma khas yang harum seperti bunga mawar.

 

Banyak mengira nama kamboja jepang berasal dari jepang, padahal bunga ini bukan berasal dari Jepang melainkan berasal dari dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico. Selain itu bunga ini juga dikenal dengan adenium karena salah satu tempat asalnya adalah daerah Aden yang merupakan ibukota Yaman.

 

Daun tanaman ini ada beberapa bentuk yaitu lonjong, runcing, kecil dan besar, ada yang berbulu halus, dan ada yang tanpa bulu. Bentuk bunganya juga ada beberapa jenis, yaitu bentuk seperti terompet, berkelopak lima, bahkan sekarang sudah dikembangkan kelopak yang bersusun dan dapat menyerupai sususnan buna mawar. Jenis bunga kamboja lebih beragam dengan aneka ragam warna sesuai varietasnya masing-masing.

 

Berikut ini beberapa Macam Jenis Bunga Kamboja :

 

Adenium Windmill

macam-macam jenis kamboja satuDaunya panjang, runcing, berbulu, dan berwarna hijau tua. Kelopak bunganya berwarna merah muda dengan semburat putih di tengah kelopak. Pertumbuhanya sedang, maksudnya tidak cepat tetapi tidak juga lambat. Jenis ini rajin berbunga

 

 

Adenium Swazicum

macam-macam jenis kamboja swazicumDari semua jenis bunga kamboja, jenis ini termasuk yang paling mudah untuk dibudidayakan. Anda bisa menanamnya dengan cara mencangkok ataupun hanya dengan menanam bijinya. Kekurangan dari jenis swazium adalah pertumbuhan yang lambat sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk bisa berbunga.

 

Daunnya terdiri dari 2 jenis warna yaitu hujau tua dan hiaju muda, dengan bulu-bulu halus dibagian bawah setiap daun. Bunganya berbentuk seperti bintang. Sedangkan warna bunganya cenderung berwarna merah muda cerah. Pada saat musim gugur tanaman ini menggugurkan semua daunnya akan berjatuhan, dan ketika tiba musim semi baru akan tumbuh tunas-tunas baru.

 

Adenium Waterfall

macam-macam jenis kamboja waterfullBentuk daunnya agak membulat dan berbulu. Warna bunganya merah tua dengan bercak putih. Pertumbuhan bunga ini sedang

 

Adenium Obesum

macam-macam jenis kamboja obesumJenis bunga kamboja ini sering disebut dengan nama desert rose atau karoo rose, tanaman ini banyak ditemukan di daerah timur Afirika dan bagian Selatan Arabia. Saat ini bunga kamboja jenis ini sudah banyak dijumpai di Indonesia.

Di habitat aslinya tumbuhan ini tumbuh menyemak, ukuran pohonnya bisa sampai 10-12 meter. Sedangkan di Indonesia ukuran bunga kamboja ini cukup pendek yakni 1-2 meter saja. Warna bunga cenderung berwarna merah di tepi petal dan putih di tengah, dari spesies ini ditemukan beberapa varian.

 

Adenium Multiflorum

macam-macam jenis kamboja multiflorumTanaman ini bisa bertahan pada lingkungan yang dingin dan kering. Bunga kamboja yang kedua ini memiliki bentuk bunga yang paling indah dibandingkan dengan jenis yang lain. Bunga berbentuk bintang dengan warna merah tua di bagian petal, dan putih atau merah cerah di tengah-tengah petal.

 

Ukuran bunganya tidak jauh berbeda dengan ukuran jenis adenium lain sekitar 6-7 cm. Tanaman ini memiliki masa dorman cukup panjang, dimana tanaman ini akan berbunga tetapi tanpa daun. Meskipun berbunga hanya satu tahun sekali tetapi tanaman ini akan terus berbunga dalam kurun waktu cukup lama yakni 2-4 bulan.

 

Adenium White Knight

macam-macam jenis kamboja whiteDaun bunga ini berwarna hiaju tua dan tidak berbulu. Bunganya berwarna putih bersih. Pertumbuhan bunga kemboja jenis ini snagat cepat dan rajin berbunga.

 

Adenium Boehmianum

macam-macam jenis kamboja boehSpesies ini banyak tumbuh di daerah bebatuan. Tanaman ini mempunyai ciri khusus yakni mempunyai banyak cabang serta batangnya bisa tumbuh sampai 10 meter. Kamboja jenis ini banyak dijumpai di negara Anggola Selatan. Bentuk bunganya sama dengan kamboja jenis Adenium swazicum.

 

Bunga kamboja jenis ini berwarna merah muda dengan corak warna ungu. Masa berbunga tanaman ini tidaklah panjang hanya sekitar 1-2 minggu saja, ditambah pertumbuhan yang lambat membuat bunga ini jarak dijadikan sebagai tanaman hias.

 

Adenium arabicum

macam-macam jenis kamboja arabicumBunga kamboja jenis Adenium arabicum merupakan spesies yang sangat langka. Tanaman ini ditemukan tumbuh di daerah sekitar Semenanjung Arab dan Yaman. Adenium arabicum mempunyai bentuk yang sangat eksotik, dengan atang yang kuat dengan banyak cabang serta bunga dengan warna merah muda dan putih membuat tanaman ini diburu banyak orang.

 

Tanaman ini sangat sulit untuk diperbanyak, habitat hidupnya banyak ditemukan di daerah Semenanjung Arab. Jenis ini tergolong sangat rajin berbunga. Pada musim dingin tanaman ini mengalami dormansi, ditandai bergugurannya secara bertahap. Pada musim panas tanaman kembali berdaun diikuti munculnya ratusan bunga yang memenuhi ranting-ranting pohon.

 

Demikian Macam-Macam Jenis Bunga Kamboja, jaga dan melestarikan tanaman di sekitar kita ya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s