Kandungan dan Manfaat pada Tanaman Hias Kuping Gajah

Tanaman hias kuping gajah adalah salah satu jenis tanaman yang juga berfungsi sebagai tanaman obat. Tanaman ini banyak dibudidayakan dan dijadikan tanaman dengan media serat kelapa yang di tempelkan pada pohon.

tanaman hias Kuping gajah cantikBagaimana cara menggunakan tanaman kuping gajah sebagai obat? Sebenarnya sangat sederhana, ambil daun tanaman kuping gajah lalu haluskan lalu ditapalkan pada area yang ingin diobati. Diamkan hingga kering dan bisa menggantinya dengan yang baru hingga sembuh.

Umumnya tanaman kuping gajah digunakan untuk mengobati bengkak. Hal ini karena adanya sifat anti-inflamasi pada senyawa tersebut, diantaranya penyakit yang dapat diobati ialah, menyembuhkan bengkak pada mulut dan tenggorokan, mengatasi masalah penyakit kulit, mempercepat penuaan bisul, mencegah infeksi akibat mikro, bakteri dan jamur.

tanaman hias kuping gajah cantikTanaman bunga kuping gajah sangat bagus ditanam dalam pot sebagai tanaman hias yang indah dilihat dan dipandang mata, biasa kita temukan di teras rumah-rumah dan juga ditanam dipekarangan sebagai tanaman hias.

 

tanaman hias kuping gajah untuk pagarTanaman Kuping Gajah sangat mudah menanamnya hanya memerlukan air yang cukup, bisa ditanam di dalam maupun diluar Ruangan. Tanaman ini asalnya dari Amerika tengah dan selatan. Tanaman kuping gajah tidak tahan terhadap panas yang terlalu terik karena akan membuat daunnya menguning.

tanaman hias kuping gajah indahTanaman kuping gajah hidup di dataran rendah (0 m dpl.), sampai ke dataran tinggi 2000 m dpl. Tanaman ini memerlukan kelembaban yang tinggi untuk hidup dengan sinar matahari 50%. Tanaman kuping gajah merupakan jenis tumbuhan semak, batangnya berdiri tegak.

Bentuk daunnya tunggal, duduk dalam roset akar, berpelepah, lonjong, panjang 25 – 30 cm, lebar 15 – 20 cm, pertulangan menyirip, tulang daun keputih-putihan, hijau.

Bentuk bunganya Majemuk, berkelamin dua, di ujung batang, kelopak bulat, halus warnanya merah umumnya kadang juga ada yang berwarna lain, kepala sari kuning, mahkota kuning. Daun dan batang tanaman kuping gajah ini mengandung saponin, flavonoida, dan tanin.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s