Asri, Pagar Rumah dengan Tanaman Bambu Kuning

pagar bambu kuningPAGAR RUMAH DENGAN BAMBU KUNING – Pada umumnya pagar rumah terbuat dari semen. Padahal pagar rumah tidak selamanya harus dengan semen atau bangunan permanen.
Salah satu kreasi yang bisa dilakukan dalam membangun pagar rumah adalah dengan Bambu Kuning sebagai pagar hidup bagi rumah anda. Karena keindahan dari tanaman bambu kuning ini banyak diaplikasikan dalam rumah minimalis modern.
Tidak hanya itu ternyata tanaman bambu kuning mudah hidup di daerah tropis ini sehingga anda tidak perlu terlalu repot menjadikan bambu kuning sebagai pagar rumah.

pagar bambu kuningTanaman Bambu Kuning ini merupakan jenis bambu yang  banyak  dijumpai di desa- desa, di pinggir-pinggir sungai, dan sebagai tanaman ornamnetal di perkotaan.
Dikenal dengan tanaman Bambu Kuning Cina mungkin karena tanaman ini menjadi bagian dari ilmu fengsui. Ada  meyakini bahwa tanaman ini memiliki khasiat menurut ilmu fengsui untuk penataan tata ruang rumah, sebagaimana kita tahu bahwa fengsui adalah teori yang barasal dari negeri Cina.
Bambu kuning juga sering  digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber potassium yang rendah kalori serta memiliki rasa manis yang terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

  1. Menyiapkan bibit. Bibit bambu kuning diperoleh dengan cara stek batang, rhizome, atau cabang. Beda jenis bambu bisa jadi beda cara mempersiapkan bibitnya. Misalnya, untuk bambu petung, pembibitan bisa dilakukan dengan ketiga jenis stek. Untuk bambu apus, stek cabang dan rhizom saja yang disarankan; sedangkan bambu kuning bisa menggunakan teknik pembibitan stek rhizome.
  1. Media tanam untuk tanaman bambu kuning diisi dengan pupuk ditambah dengan dedaunan dan tanah hasil galian, kemudian dikomposkan kurang lebih 2 bulan. Waktu yang paling disarakan untuk menanam bambu kuning adalah pada saat musim hujan, sekitar bulan Desember hingga Januari atau paling lambat Februari, bibit bambu sudah harus ditanam di lubang yang telah dikomposkan.
  1. Setelah bambu kuning ditanam, tanaman bambu kuning membutuhkan pemeliharaan atau perawatan yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik. Perawatan tanaman bambu kuning meliputi penyiangan dan pembersihan tanaman dan lingkungan sekitar area tanam, penyembrotan herbisida atau pestisida untuk mengatasi gulma dan hama, pemupukan, pemangkasan untuk merapikan rumpun yang sudah mulai tumbuh tinggi, dan penjarangan.
pagar bambu kuning
Nah setelah tanaman bambu kuning tumbuh dengan baik dan subur, selain indah juga bisa bermanfaat sebagai pagar rumah anda. Rumah anda nampak asri dengan pagar hidup yang indah dan segar.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s