Varietas Buah Mangga yang Beragam

varietas buah mangga
Buah Mangga cukup banyak ditanam di Indonesia.  Varietas lokal maupun impor juga banyak di jumpai di Indonesia. Kualitas dan varietas buah mangga juga cukup beragam.
Varietas buah mangga yang beraneka ragam tersebut sebenarnya bisa memunculkan jenis varietas mangga baru jika dikembangkan lebih lanjut, misalnya dengan dikawinkan silang antara varietas mangga satu dengan varietas mangga yang lain.

Beberapa jenis varietas buah mangga yang beredar di pasaran antara lain sebagai berikut,
  1. Mangga golek
varietas buah mangga
Mangga golek adalah salah satu mangga yang terkenal di Indonesia. Pohon mangga ini tidak begitu besar, ketinggiannya sekitar 9 meter. Daun dari pohon mangga yang satu ini memiliki panjang 24 cm dan lebar 6 cm.
Buah mangga ini memiliki ujung runcing, dengan rata-rata panjang setelah matang sekitar 17 cm dan berat sekitar 500 gram. Permukaan buah mangga ini memiliki bintik-bintik. Daging buah tebal dan agak lunak, mangga jenis ini juga memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis.

 

 

  1. Mangga Arumanis
varietas buah mangga
Untuk mangga yang satu ini pasti kamu sudah tahu. Mangga arumanis adalah mangga paling digemari oleh orang Indonesia. Karena rasanya yang sangat manis dan aromanya yang sangat harum.
Mangga arumanis rata-rata memiliki berat 450 gram dan buah berbentuk lonjong dengan panjang bisa mencapai 15 cm.

  1. Mangga Manalagi
varietas buah mangga
Mungkin beberapa dari kamu masih asing mendengar nama buah mangga yang satu ini. Buah mangga ini adalah buah mangga perpaduan antara mangga golek dan mangga arumanis.
Berat dari buah ini bisa mencapai 500 gram dan dengan panjang sekitar 16 cm. Daging buah tebal, tetapi tidak setebal mangga arumanis. Mangga manalagi bisa dimakan sebelum matang, karena buah ini rasanya sudah manis walaupun masih belum matang dan masih keras.

 

 

  1. Mangga Endog
varietas buah mangga
Mangga endog berbentuk bulat kecil mirip seperti telur, dengan berat lebih ringan dari yang lain yaitu 200 gram. Panjang buah hanya sekitar 7 cm dan diameter buah bisa mencapai 5-6 cm.

  1. Mangga Lalijiwo
varietas buah mangga
Mangga lalijiwo memiliki kulit buah berwarna hijau tua dengan bintik-bintik kelenjar  berwarna putih kehijauan. Ukuran buah tidak terlalu besar, rata-rata beratnya adalah 200 gram dan panjang 7 cm.

 

 

 

  1. Mangga Madu
varietas buah mangga
Mangga madu adalah salah satu jenis mangga paling manis di Indonesia. Buah ini memiliki berat 375 gram dan panjang dapat mencapai 10 cm. Buah ini juga berbentuk bulat panjang dan dengan ujung buah membulat, dan kulit dilapisi lilin.
Daging buah berwarna kuning dan bagian dalam daging berwarna kuning tua seperti madu, ini yang membuat mangga ini disebut sebagai mangga madu.  Kadar air di dalam buah ini sedang dan aromanya cukup harum.

 

  1. Mangga Apel
varietas buah mangga
Mangga ini disebut mangga apel karena bentuk buahnya yang sangat mirip dengan buah apel. Bahkan kalau dilihat sekilas, buah ini bisa disamakan dengan buah apel hijau.
Rasa buah mangga ini masam saat masih muda dan agak sedikit manis saat sudah matang. Mangga apel lebih sering digunakan untuk rujak dari pada dimakan langsung.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s