Tanaman Pagar “Beluntas” Bermanfaat Untuk Masalah Kewanitaan

Imanfaat daun beluntas satundonesia memang kaya akan tanaman herbal, salah satunya adalah tanaman beluntas. Tanaman beluntas sudah sejak lama ditanam oleh orang tua sebagai pagar alami rumah mereka karena tumbuh subur dan tanpa harus memberikan perawatan khusus.

 

Selain itu daun beluntas juga bisa digunakan sebagai sayuran dan lauk sehari-hari. Sayur dari daun beluntas ini mungkin saat ini sudah jarang ditemukan karena memang penanaman daun beluntas sendiri saat ini sudah jarang ditemui.

 

Namun manfaat dari tanaman beluntas bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai sayuran saja daunnya namun juga bisa digunakan sebagai obat herbal. Sejak dahulu, orang-orang percaya bahwa daun beluntas kaya akan manfaat untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan diantaranya seperti mengatasi keputihan terutama yang tidak normal. Saat ini daun beluntas kembali banyak dicari oleh orang untuk digunakan sebagai obat herbal tradisional yang alami dan aman.

 

Manfaat daun beluntas untuk keputihan

Keputihan sebenarnya adalah mekanisme alami dan wajar yang dilakukan oleh tubuh untuk membersihkan organ wanita dan rahim dari kuman dan bakteri serta kotoran yang ada di dalamnya. cairan keputihan terjadi guna untuk mencegah terjadinya infeksi pada area kewanitaan.

 

Namun terkadang keputihan yang muncul tidaklah semestinya melainkan memunculkan kelainan seperti misalnya terlalu banyak cairan, bau yang sangat tidak sedap, warna yang tidak normal seperti kehijauan dalam lainnya.

 

Keputihan yang tidak normal inilah yang perlu diwaspadai karena menandakan adanya gangguan di organ kewanitaan anda. Keputihan tidak normal tidak boleh diabaikan karena dalam jangka panjang bisa menimbulkan gejala penyakit lainnya yang berbahaya seperti kanker serviks, kista dan lainnya. oleh karena itu keputihan tidak normal harus segera diatasi dengan baik dan benar.

 

Untuk pengobatan anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tingkat keparahan keputihan yang anda alami dan juga mengonsumsi obat dari dokter sesuai dengan dosis dan penggunaan yang tepat. Bila perlu anda bisa menggunakan pengobatan tradisional dari alam untuk pengobatan keputihan tidak normal menggunakan daun beluntas.

 

Cara membuat ramuan dari daun beluntas untuk mengatasi keputihan pun sangat mudah dan sederhana dan bisa anda lakukan di rumah. berikut ini adalah lang-langkahnya.

 

Bahan

·           Siapkan 10 lembar daun beluntas yang masih segar

·           Siapkan juga kayu rapet atau sejenis kayu pulasari dengan panjang 5 hingga 6 cm saja

·           Satu batang rimpang temu kunci

·           Satu rimpang kunyit kira-kira seujung kelingking saja

·           Temulawak sebesar satu jari

 

Bahan-bahan tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah di toko herbal atau anda bisa menanamnya sendiri dengan mudah di rumah.

 

Cara membuat

1.        Pertama kali yang harus anda lakukan untuk membuat ramuan dari daun beluntas ini adalah mencuci semua bahan sampai bersih.

2.        Irislah temu kunci, temulawak dan juga kunyit menjadi tipis

3.        Kemudian setelah semuanya siap, rebuslah semua bahan dengan menggunakan 2 mangkok air

4.        Rebuslah ramuan hingga mendidih dan sampai air menyusut hingga menjadi 1/3 mangkok saja

5.        Angkat, saring dan dinginkan sampai hangat

6.        Minumlah secara rutin kira-kira sampai 10 hari sampai gejala keputihan tidak normal yang anda alami mereda.

7.        Jika anda tidak suka dengan rasanya anda bisa menambahkan gula jawa, madu dan juga daun sereh untuk menambah rasa dan aroma menjadi lebih enak.

 

Selamat mencobat dan semoga bermanfaat…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s