Tanaman Lidah Mertua Si AC Alami yang Kaya Manfaat

Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata) memang mempunyai nama yang cukup unik. Yang konon katanya nama tanaman ini diambil dari bentuknya yang runcing (red. Tajam) seperti lidah mertua diluaran sana sepertinya hehe

tanaman lidah mertua

Tapi buat para menantu jangan pada takut bertanam lidah mertua ya. Because why? Ya karena banyak banget lo manfaat yang bakalan kita dapetin.

Para ahli botani telah menemukan kemampuan tersembunyi yang dimiliki si lidah mertua ini. Selain mampu bertahan hidup dalam rentang waktu suhu dan cahaya yang minim, tanaman ini ternyata juga musuh bagi polusi loh sob.

Bahkan menurut peneliti senior dan Tenaga ahli Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), Lidah mertua mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan pada ruangan yang penuh asap rokok. Kemampuan ini hampir merata di 100 jenis lidah mertua yang ada di Indonesia. Nah, hebat banget gak tuh?

Dalam lingkungan industri potongan daun ini disebarkan di ruang – ruang produksi industri, untuk mereduksi senyawa beracun yang terhirup oleh pekerja. Zat beracun yang diurai seperti karbondioksida, benzen, xilen, formaldehid, koloroform, dan trikolorotilen.

Jika lidah mertua ditaruh didalam ruangan, maka tumbuhan ini mampu menaklukkan sick building syndrom, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi zat karbondioksida, nikotin dari rokok dan penggunaan AC. Satu tanaman sansevieria trifasciata lorentii dewasa berdaun 4/5 helai dapat menyegarkan kembali udara dalam ruangan seluas 20 m persegi.

Atau mungkin sobat botani punya ,masalah dengan bau tidak sedap yang acapkali muncul?. Dengan memelihara tanaman lidah mertua masalah tersebut dapat diatasi loh sob.

Di Jepang tanaman ini banyak digunakan sebagai penetral bau tak sedap di dalam ruangan. Oleh karena itulah tanaman ini akan ditempatkan di berbagai ruangan yang menjadi sumber bau tak sedap seperti kamar mandi dan dapur. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam lemari es.

Kelebihan lain tanaman ini mampu mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi. Maka tidak ada salahnya untuk meletakkannya disamping komputer atau televisi.

Nah, masih ragu untuk menanam jenis tanaman yang satu ini?. Gak selamanya lidah mertua itu sifatnya negatif kok sob. Bisa juga mengandung banyak manfaat buat kita kayak tanaman yang satu ini.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s