Manfaat Tanaman Pucuk Merah, Tanaman Hias yang Unik dan Indah

manfaat tanaman pucuk merahManfaat tanaman pucuk merah– Pada umumnya tanaman ini digunakan sebagai tanaman hias karena keunikan dan keindahan dari tanaman ini. Tanaman pucuk merah atau dalam bahasa ilmiahnya Syzygium oleana adalah jenis tanaman perdu yang saat ini cukup populer, meskipun tidak sepopuler anhurium.

 

Ciri khas yang dimiliki tanaman pucuk merah ini dari jenis tumbuhan ini  jika daunnya diremas akan mengeluarkan aroma khas sebagainya kandungan minyak atsiri yang terdapat pada berbagai jenis Syzygium.
Keistimewaan dari tanaman pucuk merah terdapat pada ujung daun mudanya yang berwarna oranye dan merah yang membuatnya dikenal sebagai tanaman pucuk merah. Warna merah dari daun muda biasanya akan menyembul disela sela daun yang hijau disekitarnya yang membuatnya seperti bunga diantara dedaunan.  Wah cantik pokoknya tanaman pucuk merah ini !!

manfaat tanaman pucuk merahCahaya matahari dapat membantu tanaman pucuk merah ini tumbuh dengan baik dan indah. Sehingga warna tunasnya akan tetap berwarna merah dan bentuk tajuk tanaman tetap terjaga.
Untuk menjaga keindahannya anda dapat melakukan pemotesan pada bagian ujungnya dua minggu sekali. Jika warna daun daun pada bagian pucuk telah memudar, anda dapat memetiknya dengan menggunakan tangan, dipotong tepat pada ruas cabang, sehingga tunas baru dapat segera tumbuh dari ruas.

 

manfaat tanaman pucuk merahPemotongan pada ujung-ujung tanaman pucuk merah ini dilakukan agar tampilan warna merah lebih dominan.  Diharapkan pemotongan yang dilakukan secara teratur maka tanaman ini akan tumbuh merata dan rapi.
Jika pertumbuhan tanaman pucuk merah ini sangat cepat, pemangkasan harus dilakukan dengan segera untuk mempertahankan bentuk sesuai dengan yang anda inginkan.
Selain pemangkasan dan pemotongan ujung-ujung daun tanaman ini hal yang harus diperhatikan adalah pemberian air dan pupuk. Pemberian pupuk idealnya 2 hingga 3 bulan sekali. Agar diperoleh manfaat tanaman pucuk merah yang sebenarnya.
Manfaaat tanaman pucuk merah ini yang dapat Anda peroleh antara lain sebagai garis atau border pembatas jalur hijau, dapat digunakan sebagai tanaman hias dalam pot, tanaman pucuk merah ini dikategorikan sebagai tanaman hias bertema tropis, dan sebagai tanaman pengarah.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s