Kenali Khasiat dan Manfaat Daun Kemuning Untuk Kesehatan

Manfaat daun kemuning – Daun kemuning adalah jenis daun yang berasal dari tanaman kemuning. Tanaman ini mudah sekali untuk dijumpai karena memiliki wangi yang khas. Wangi tersebut ternyata berasal dari bunga kemuningnya yang berjenis majemuk dan berwarna putih tulang dengan bentuk tandannya. Kemuning banyak ditemukan di kawasan semak belukar sebagai tanaman liar. Daun kemuning berwarna hijau pekat dengan bentuk bulat dengan ujung daun yang runcing.

manfaat daun kemuningDaun kemuning sudah sangat dikenal sebagai daun herbal dalam pengobatan tradisional. Mengapa daun ini sangat berkhasiat untuk kesehatan Anda? Daun kemuning mengandung beberapa senyawa baik, yaitu eugenol, careen-3, geraniol, paniculatin, tanin, bisabolene, cadine, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara menggunakan daun herbal ini? Anda bisa menghaluskannya atau merebusnya dan meminum air rebusannya. Untuk khasiat terbaik bisa Anda campur dengan bahan herbal lainnya.

Berikut ini rincian penjelasan tentang beberapa khasiat dan manfaat daun kemuning untuk kesehatan Anda.

 

1. Pelangsing badan

Khasiat daun kemuning yang pertama yaitu sebagai daun yang mampu menjadi bahan herbal dalam melangsingkan badan. Daun ini bisa menjaga berat badan Anda dan membantu menyukseskan program diet Anda.

2. Mengatasi peradangan

Khasiat daun kemuning juga baik untuk Anda yang sering mengalami radang. Kandungan alami dalam daun yang satu ini sangat ampuh untuk mengobati berbagai jenis peradangan, baik itu radang pada kulit maupun organ dalam tubuh.

3. Obat infeksi saluran kencing

Khasiat daun kemuning yang selanjutnya yaitu bisa menjadi obat yang mengatasi infeksi saluran kencing. Daun ini mempunyai senyawa yang ampuh untuk membersihkan saluran kencing dan mencegah penyakit pada saluran kencing.

4. Pelancar haid

Khasiat daun kemuning untu wanita yaitu sebagai daun yang melancarkan haid. Haid yang tidak teratur setiap bulannya merupakan tanda-tanda dari kesehatan tubuh yang terganggu. Anda disarankan untuk menggunakan daun ini tanpa efek samping.

5. Menurunkan kolesterol tinggi

manfaat daun kemuningKhasiat daun kemuning untuk tubuh juga ampuh untuk menurunkan kolesterol. Daun yang satu ini akan dengan aktif membuang kolesterol jahat di dalam tubuh Anda sehingga kadar kolestorol yang ada di dalam tubuh tidak terlalu tinggi.

6. Mengatasi batu ginjal

Penyakit yang dapat diatasi dengan daun kemuning adalah batu ginjal. Daun ini mempunyai beberapa zat yang ampuh untuk mengobati batu ginjal serta melindungi ginjal Anda dari penyakit lainnya yang menyerang.

7. Obat eksim

Daun kemuning juga bagus untuk dijadikan sebagai obat eksim. Kombinasi senyawa yang pas dalam daun ini menjadikannya ampuh dan baik untuk digunakan sebagai obat melawan penyakit eksim yang menyerang tubuh Anda.

8. Anti penuaan dini

manfaat daun kemuningPencegahan penuaan dini tidak perlu mahal dan merepotkan. Anda bisa menggunakan berbagai macam daun alami yang ada disekitar Anda, termasuk daun kemuning. Senyawa di dalam daun ini bermanfaat untuk membuat Anda tampil lebih awet muda.

9. Mengobati keputihan pada wanita

Keputihan merupakan salah satu hal yang patut untuk dikhawatirkan karena hal tersebut adalah suatu tanda bahwa tubuh Anda tidaklah sehat. Bagi wanita yang sering keputihan bisa mencoba menggunakan khasiat daun kemuning untuk mengatasinya.

10. Obat radang otak

Peradangan serius pada organ tubuh seperti otak ternyata bisa diatasi oleh daun kemuning. Daun wangi ini akan meredakan peradangan yang menyerang tubuh Anda. Selain itu, otak Anda juga bisa menjadi lebih kuat dan sehat.

Luar biasa bukan khasiat dan manfaat dari daun kemuning? Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya 🙂

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s