Manfaat Bunga Kamboja Pada Bagian Batang, Bunga dan Getah

manfaat bunga kamboja dalamBunga kamboja dulu hanya kita jumpai di tempat-tempat yang berbau religi seperti pemakaman dan tempat-tempat lain, namun kini hal itu sudah berubah. Namun sekarang bunga ini dapat kita jumpai dimana saja, ada di taman, ada di pinggir jalan bahkan ada dihalaman rumah.

 

Jika mendengar namanya kita mengira bahwa bunga kamboja berasal dari negara Kamboja di Asia Tengga. Tapi tau nggak sih, ternyata bunga kamboja tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan negara Kamboja sebab bunga ini ternyata berasal dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico.

 

Bunga kamboja memang bunga yang cantik, seperti yang kita tau bahwa saat ini banyak sekali yang memanfaatkan bunga kamboja sebagai tanaman hias. Tapi ternyata bunga kamboja tidak hanya dapat digunakan seabagai tanaman hias lo… Bunga kamboja memiliki manfaat yang luar biasa untuk kehidupan umat manusia. Berikut manfaat bunga kamboja

 

Manfaat bunga kamboja di antaranya yaitu :

1. Batang

manfaat bunga kamboja batanada getah putih yang memiliki kandungan kautscuk, damar, senyawa triterpenoid amytin, senyawa sejenis karet, serta lupeol. Spesial pada kulit batang berperan untuk kurangi rasa sakit dikarenakan bengkak serta dan pecah-pecah pada telapak kaki. Batang juga memiliki kandungan senyawa plumeirid, yaitu senyawa glikosida juga sebagai toksin. Karena berbentuk toksin, dapat mematikan kuman. Hindari dari mata dikarenakan dapat mengakibatkan kebutaan.

 

 

2. Bunga

manfaat bunga kamboja bungaPadabagian bunga kamboja, selain dapat diguanakan untuk siasan dan mempercantik penampilan ternyata dapat dipakai juga sebagai teh untuk menghindar rematik atau asam urat, meredakan batuk, kurangi demam, membuat lancar keluar air seni, menahan pingsan dikarenakan udara panas meredakan berak dikarenakan disentri, serta meredakan sembelit. Serta wangi bunga kamboja dapat dipakai juga sebagai bahan gabungan obat nyamuk, sabun, serta wangi-wangian.

 

3. Getah

manfaat bunga kamboja getahmemiliki kandungan antiseptik yang bisa kurangi rasa gatal diantara jari kaki yang karena sebab kuman air serta sejenisnya, umumnya ada luka-luka kecil ditangan atau pun tumit pecah-pecah serta kaki. Tetapi getah kamboja ini tidak dianjurkan untuk kulit lunak dari bagian tubuh kita karena bisa mengakibatkan iritasi ataupun luka yang lebih serius, bahkan bisa menimbulkan kebutaan jika terkena mata.

 

Nah bagi anada yang memiliki keluhan-keluhan seperti di atas adapat memanfaatkan tanaman kamboja untuk mengatasinya… selamat mencoba…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s