Manfaat Buah Mangga Untuk kesehatan

manfaat mangga untuk kesehatanManfaat mangga untuk kesehatan -Mangga telah merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Sebagian besar jenis buah mangga menghasilkan daging buah yang tebal dan rasa yang manis.
Selain rasa yang membuat ketagihan ini, beberapa manfaat mangga untuk kesehatan yang mungkin didapatkan dengan mengkonsumsi mangga, antara lain penurunan risiko degenerasi makula, penurunan risiko kanker usus besar, kesehatan tulang bahkan manfaat bagi kulit dan rambut.
Mangga terutama ditanam untuk buahnya. Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender.
Buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga juga diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di pelbagai daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging.
manfaat mangga untuk kesehatanBuah mangga kaya akan kandungan gizinya, antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin B6, beta-karoten, kalsium dan masih banyak lagi.  Sejumlah kandungan di dalam mangga ini, memberikan manfaat yang melimpah untuk kesehatan dan kecantikan, seperti berikut :

 

 

  1. Mengurangi Diabetes
Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah (41-60) sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah yang agak banyak,  tidak akan meningkatkan kadar gula. Tidak hanya buah, tetapi daun mangga sehat juga. Untuk orang yang menderita diabetes, hanya dengan merebus 5-6 daun mangga rendam sepanjang malam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.
  1. Pencegahan Degenerasi Makula
Zat antioksidan zeaxanthin ditemukan di dalam mangga yang menyaring sinar cahaya biru, yang diperkirakan akan memainkan peran protektif dalam kesehatan mata dan mungkin menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Asupan buah-buahan yang tinggi (3 porsi atau lebih dalam sehari), telah terbukti menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.
  1. Mencegah Penyakit Jantung
Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  1. Pencegahan Kanker
Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.
  1. Menyehatkan  Tulang
Tidak hanya kalsium pada manfaat susu saja yang mempengaruhi kesehatan tulang, namun asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan resiko terjadinya patah tulang. Konsumsi asupan yang tepat dari manfaat buah-buahan dan sayuran, penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal termasuk buah mangga ini.
  1. Membantu Pencernaan
Mango memiliki enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat pada mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan.
  1. Zat Besi Tinggi Untuk Wanita
Mangga kaya akan zat besi, sehingga dapat menjadi solusi alami bagi orang yang menderita anemia. Selain itu, mangga juga baik untuk wanita menopause atau sedang hamil, karena mangga akan meningkatkan kadar zat besi mereka dan kalsium pada waktu yang sama.
  1. Menjaga Kadar Kolesterol
Buah mangga memiliki sejumlah  manfaat jambu biji, yang mengandung vitamin C tingkat tinggi, pektin dan serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar merupakan sumber yang kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  1. Menyehatkan Mata
Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Satu cangkir irisan mangga memasok 25% vitamin A, dari asupan harian yang diperlukan. Hal ini mampu menjauhkan dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja, kekeringan pada mata dan mata yang gatal.
  1. Pencegahan Asma
Buah mangga dapat mempengaruhi pengembangan resiko asma menjadi lebih rendah. Hal ini juga terjadi pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang ditemukan dalam manfaat buah pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s