Indahnya Bunga Teratai yang Hidup di Perairan yang Tenang

Indahnya bunga teratai yang memiliki nama latin Nymphaea dari keluarga Nymphaeaceae. Di Indonesia sendiri, nama bunga teratai digunakan untuk menyebutkan dua macam bunga, yakni Water Lily dan Lotus. Padahal di beberapa negara, kedua jenis bunga tersebut merupakan dua jenis bunga yang berbeda.

Indahnya Bunga Teratai kuLotus berbunga yang bentuknya lebih kecil dari bunga teratai, bunga lotus juga memiliki ragam variasi warna. Sedangkan untuk bunga teratai hanya ada dua jenis warna yakni warna putih dan warna merah jambu keunguan.

Bunga teratai, baik Water Lily atau pun Lotus, merupakan jenis tumbuhan berbunga yang hidup di perairan tenang. Misalnya seperti di danau, telaga, rawa-rawa, sungai yang tenang, kolam, balong, dan genangan atau kubangan air lainnya.

Indahnya Bunga Teratai di air tenangAkar tumbuhan dari indahnya bunga teratai ini saat biasanya subur di lumpur yang terdapat pada dasar rawa. Dari akar tersebut muncul lah rizoma yang masih berada di dalam lumpur tadi. Rizoma ialah batang pada tumbuhan yang mengalami modifikasi bentuk, terletak di dalam tanah, dan menghasilkan tunas serta akar baru dari ruas-ruas yang dimilikinya.

Batang pada tanaman bunga teratai akan tumbuh dari rizoma yang terletak di dalam lumpur hingga terhubung ke daun yang terletak di permukaan air. Jika kebanyakan batang pada tumbuhan lain terhubung ke ujung daun, maka batang teratai terhubung ke tengah-tengah daunnya.

Daun dari tumbuhan teratai ini memiliki bentuk lingkarang yang hampir sempurna dengan diameter yang cukup lebar. Daun tersebut berwarna hijau tua namun terlihat cerah. Indahnya bunga teratai ini dapat dengan mudah kita amati karena daun bunga teratai terletak di atas permukaan air.

Indahnya Bunga Teratai di airBiasanya, jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di air memiliki lapisan lilin pada daunnya. Namun ternyata, daun yang dimiliki oleh bunga teratai tidak seperti itu. Sehingga, kala bagian daun terkena air, air tidak akan membentuk butiran-butiran air.

Indahnya Bunga Teratai cantikBagian bunga pada tumbuhan ini sendiri keluar dari tangkai yang merupakan perpanjangan dari bagian rizoma yang terletak di bawah lumpur tadi. Bunga teratai rata-rata memiliki ukuran diameter sebesar 5 sampai 10 cm. Dalam setahun, teratai berbunga lebih dari satu kali. Dan karena hidupnya di air, bunga ini tidak bergantung pada perubahan musim.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s