Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

cara budidaya lele sangkuriang satuCara budidaya lele sangkuriang! Lele sangkuriang merupakan sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele sangkuriang mudah dikenali karena tubuhnya yang lebih besar dari jenis lele lainnya. Namun lele sangkuriang masih mempunyai ciri yang sama dengan jenis lele lainnya yaitu tubuhnya licin, agak pipih memanjang, serta memiliki “kumis” yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.

 

Saat ini budidaya lele sangkuriang masih terbilang usaha yang menguntungkan karena budidaya ikan lele sangkuriang masih tergolong mudah. Hal ini karena ikan lele sangkuriang merupakan jenis ikan yang tahan penyakit dan tidak mudah setres seperti ikan-ikan lainnya. Dan juga tubuh ikan lele sangkuriang yang berukuran besar membuat berat timbangan saat penjualan ikan menjadi lebih besar.

 

Nah, bagaimana si cara budidaya lele sangkuriang? Cara budidaya lele sangkuriang hampir sama dengan cara budidaya ikan lele pada umumnya yaitu menyiapkan kolam untuk budidaya lele sangkuriang, memilih bibit yang unggul, menyebaran bibit ke kolam, memberi makan lele secara rutin sesuai takaran. Dan setelah lele sangkuriang besar maka dilakukan pemanenan lele sangkuriang.

 

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak sedikit penjelasan berikut ini

 

  1. Persiapan Kolam Budidaya Lele Sangkuriang

cara budidaya lele sangkuriang kolamPerisiapan kolam termasuk hal yang urgen dalam budidaya lele sangkuriang, karena tiap jenis ikan berbeda habitatnya. Kolam untuk budidaya lele sangkuriang tidak harus di tanah atau empang, jika ingin lebih praktis kamu bisa membuat kolam dari terpal. Atau kalau ingin kolam yang tahan lama kamu bisa membuat kolam dari beton. Tentu disesuaikan dengan budget kamu juga ya, jangan sampai modal kamu habis hanya untuk membuat kolamnya saja.

 

  1. Pemilihan Bibit Unggul

carabudidaya lele sangkuiriang bibit

Untuk itu sebelum memilih bibit lele sangkuriang pastikan kamu mengamati indukan dari bibitnya, jika indukannya bagus dapat dipastikan bibit yang dihasilkan juga bagus dan berkualitas.

 

 

3. Penyebaran Bibit Ke Kolam

cara budidaya lele sangkuriang tebarProses penyebaran bibit lele sangkuring merupakan hal yang sangat penting. Penyebaran bibit harus dilakukan dengan hati-hati dan bertahap, agar bibit lele sangkuriang yang disebar tidak mengalami stress yang akan mengakibatkan penurunan kualitas lele sangkuriang.

 

  1. Pemberian Pakan Lele Sangkuriang

cara budidaya lele sangkuriang makanUntuk mendapatkan hasil yang optimal, berikan pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan lele sangkuriang. Salah satu pakan yang bagus untuk pertumbuhan lele sangkuriang adalah pelet. Untuk pemberian pakan bisa dilakukan 2 kali sehari, dan sebaiknya dilakukan secara teratur agar lele sangkuriang bisa berkembang dengan baik. Kalau ingin menghemat biaya pakan bisa juga diberikan pakan tambahan seperti cacing dan keong mas.

 

  1. Pemanenan Lele Sangkuriang

cara budidaya lele sangkuriang panenNah tahap ini merupakan tahap yang ditunggu-tunggu karena kita ingin mengetahui hasil dari usaha kita. Pemanenan adalah tahap terakhir dari budidaya lele sangkuriang. Usia lele yang siap dipanen berkisar antara 3-5 bulan. Sebelum lele sangkuriang dipanen, sebaiknya ikan lele jangan diberi pakan agar tidak buang kotoran ketika diangkut. Ketika proses pemanenan jangan lupa juga untuk menyortir lele, pisahkan lele sangkuriang berdasarkan ukurannya. Karena hal ini berdampak pada kualitas harga lele sangkuriang.

 

Demikian cara budidaya lele sangkuriang  yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s